On 20/10/21 16.47, Syafril Hermansyah via Mdaemon-L wrote:
On 20/10/21 16.19, EVI RUSNADI wrote:
 >BTW. Kenapa domain cilegonfab.co.id belum mengaktifkan DMARC?
 >Tanpa pengaktifan DMARC maka DMARC Forwarding tidak akan berfungsi, artinya
 >kalau ada akun @cilegonfab.co.id di set forward ke akun di internet maka akan
 >ditolak (bounce) jika original sender domainnya mengaktifkan DMARC dengan
 >policy=reject atau quarantine.

History-nya saya lupa pak kenapa saya uncheck. Sekarang saya udah Check kembali.

DMARC adalah DNS TXT record, pengaktifannya bukan di MDaemon tetapi di Name Server (authoritative DNS server) domain cilegonfab.co.id.

$ host -t soa cilegonfab.co.id
cilegonfab.co.id has SOA record ns4.jlm.net.id. kahfi.jlm.net.id. 2021083100 3600 1800 1209600 86400

Lihat lengkapnya disini

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg47356.html
https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg47387.html

Pak Syafril, kira-kira untuk bisa membaca error email seperti Bapak, adakah training khusus mengenai hal itu?
Jika ada saya sangat berminat.

Belum.
Dulu sempat saya pertimbangkan membuat 2 macam traning : basic dan advance, dimana yang advance itu harus mengikuti training basic terlebih dahulu agar trainingnya cukup 1 hari saja karena bisa langsung praktek dan tanya jawab problem/kasus (teori/konsep cukup 1 jam).

Basic training itu membicarakan best practice instalasi dan troubleshooting Internal MDaemon, sementara Advance untuk maintain MDaemon secara remote dan troubleshooting pengiriman/pengiriman mail, termasuk pengetahuan soal DNS.
                ...penerimaan/pengiriman mail..

Tetapi karena peminat untuk advance kurang, dan akhirnya terjadi pandemi covid-19 maka rencana itu tidak/belum dilanjutkan. Bahan training secara virtual (lewat GMeet atau MSTeams atau Zoom) sudah pernah saya buat dan pernah dipraktekkan, tetapi staf kami yang dulu mengurusi training ini meninggal dunia sehingga rencana trainingnya tidak/belum lagi dilanjutkan.

--------
Syafril Hermansyah

MDaemon-L Moderator, run MDaemon 21.5.0 64bit Beta RC3
Mohon tidak kirim private mail (atau cc:) untuk masalah MDaemon.

Anyone who stops learning is old, whether twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing you can do is keep your mind young.
        --- Mark Twain (1835 - 1910)