>DMARC adalah DNS TXT record, pengaktifannya bukan di MDaemon tetapi di Name
>Server (authoritative DNS server) domain cilegonfab.co.id.

>$ host -t soa cilegonfab.co.id
>cilegonfab.co.id has SOA record ns4.jlm.net.id. kahfi.jlm.net.id.
2021083100
>3600 1800 1209600 86400

>Lihat lengkapnya disini

>https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg47356.html
>https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg47387.html

adakah training khusus mengenai hal itu?

Baik pak, saya coba pelajari dan komunikasi dengan pihak JLM.

>Belum.
>Dulu sempat saya pertimbangkan membuat 2 macam traning : basic dan advance,
>dimana yang advance itu harus mengikuti training basic terlebih dahulu agar
>trainingnya cukup 1 hari saja karena bisa langsung praktek dan tanya jawab
>problem/kasus (teori/konsep cukup 1 jam).

>Basic training itu membicarakan best practice instalasi dan troubleshooting
>Internal MDaemon, sementara Advance untuk maintain MDaemon secara remote
dan
>troubleshooting pengiriman/pengiriman mail, termasuk pengetahuan soal DNS.

Untuk Basic sudah pernah ikut, Alhamdulillah lumayan bisa diikuti.

>Tetapi karena peminat untuk advance kurang, dan akhirnya terjadi pandemi
>covid-19 maka rencana itu tidak/belum dilanjutkan.
>Bahan training secara virtual (lewat GMeet atau MSTeams atau Zoom) sudah
pernah
>saya buat dan pernah dipraktekkan, tetapi staf kami yang dulu mengurusi
training
>ini meninggal dunia sehingga rencana trainingnya tidak/belum lagi
dilanjutkan.

Mungkin bisa follow up lagi ya pak dan saya menunggu kabarnya.

Semoga Pak Anas diampuni segala dosanya dan diterima amal baiknya. Amin YRA.

Regards,

RUSNADI