From: Dean Earwicker <dean.earwic...@gmail.com>

Date: Sat, 28 Feb 2009 11:51:09
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com<obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: [obrolan-bandar] NYANGKUT: The hidden truth

Saat masa paceklik seperti sekarang, saya perhatikan member milis malah
banyak yang menonjolkan "keahliannya", sementara yang lain isinya kalau
engga junk, atau maki-maki. Coba kita sekarang sharing sedikit. Saya TIDAK
PERCAYA kalau ada trader/investor yang tidak pernah nyangkut/cut loss.

Saya selama jadi anggota OB, pernah beberapa kali memberikan rekomendasi -
yang ternyata salah - dan bisa menjerumuskan member lain, spt rekomendasi
saya dulu tentang TMPI di 3xxx, ANTM di 4xxx dan TRUB di 4xx (dan masih
banyak lagi). Namun satu hal yang tidak saya sadari, bahwa tidak semua
member "tega" untuk cut loss, beda dengan saya yang menganut anti-averaging.

*Sekedar sharing, saya SEBELUM membeli, sudah menentukan batas TP dan CL
sebesar +10% dan -5% (relatif, tergantung karakter saham dan sentimen
pasar).* Mungkin sudah puluhan kali saya cut loss. Rugi itu pasti, tapi
itulah yang membuat rugi saya terbatas (cut loss secara harfiah berarti
"memotong kerugian"). Kenapa saya tidak mau averaging, karena averaging
membutuhkan biaya, dan saya tidak suka uang saya "nyangkut" di saham yang
melemah. Lebih baik pegang cash saja. Kalaupun pasar lagi bagus, saya lebih
senang jual saham saya yang nyangkut dan ditukar ke saham yang kuat.

Untuk itu dengan rendah diri saya mohon untuk dibukakan pintu maaf yg
sebesar-besarnya bila ada rekomendasi saya yang malah mendatangkan kerugian
yang disebabkan ketidaksadaran saya dengan perbedaan strategi *money-management
*setiap trader.

Saya juga menyarankan, untuk semua kontributor milis OB, bila memberi
rekomendasi buy, mohon juga berikan target cut lossnya, agar tidak ada lagi
kesalahpahaman yang berbuntut caci-maki atau keributan. Saya kira cukup fair
lah.

Terima kasih atas tanggapan beberapa rekan yang japri kemarin, mudahan email
ini bisa menjawab keluhan anda.

Regards,
DE

Kirim email ke