Hitungan saya juga sekitar 400. Tapi saya coba cek lagi kemungkinan
salah hitung. Satu-satunya yang mungkin bisa miss jauh adalah cost. Ada
kemungkinan cost/tonne meningkatnya linier dengan harga timah (yang
sebelumnya saya tidak perkirakan). Saya coba lihat data historikal
antara rata-rata harga timah (3 bulan) dengan delivered cost/tonne dan
average tin price received (dari press release TINS). Hasilnya adalah:

------------------------------------------------------------------------\
------------------------------------
tahun    rata-rata harga timah    delivered cost/tonne    avg tin price
rcvd
------------------------------------------------------------------------\
------------------------------------
2004                      8.480
7.693                                            8.481
2005                      7.358
7.121                                           7.506
2006                      8.755                                    8.052
8.844
------------------------------------------------------------------------\
------------------------------------

Terlihat bahwa sebetulnya rata-rata harga jual dari TINS (average tin
price received) mendekati rata-rata harga timah. Tapi ternyata delivered
cost juga ikut naik. Dan kenaikan costnya linier sehingga otomatis
margin tidak bisa naik drastis. Rasio antara delivered cost dengan
rata-rata harga timah sekitar 90-95%. Jadi kalau di Q1 rata-rata harga
timah sekitar 12.500 maka delivered cost menjadi sekitar 11.500. Saya
jadi ragu campur khawatir juga dengan angka ini. Mudah-mudahan ini
skenario terjelek.

Ini sekedar hitungan atas dasar historikal. Bisa saja keliru.

--- In [EMAIL PROTECTED], "Halim Mintareja" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
>
> Beberapa hal aneh :
> Sales 1Q di RTI disebutkan 12.000 ton
> Sales 1Q di detikcom disebutkan 14.000 ton
> Net profit 1Q disebutkan 100M.. (gile bener nih direktur... anak SMA
bisa
> bingung lihat angka itu.. korupsinya gede amat)
>
> btw... hitungan anak SMA bilang EPS 1Q07 TINS > 420 (mungkin aja
salah..
> anak SMA cuman hitung 5 menit.. dirutnya yang 3 bulan kerja di sana
cuman
> lihat EPS 250)
>

> On 4/13/07, Dean Earwicker [EMAIL PROTECTED] wrote:

http://www.detikfinance.com/index.php/kanal.read/tahun/2007/bulan/04/tgl\
/13/time/133048/idnews/767034/idkanal/6