Pak James,
Project Financing mmg lebih layak kalau melihat jumlah capital investment
sebesar itu.  Tapi itu kan sifatnya off-balance sheet dan biasanya ada tenor
utk Interest During construction (IDC).  Jumlah kapal baru yg baru dibeli itu
14 vessels + 3 kapal yg baru selesai konstruksi.  Apakah ini termasuk dalam 7
vessels yg pak james sebut?  Di fixed asset jelas ada tambahan 7T sedangkan
in-progressnya dr th 2006 yg di reclass th 2007 ada 482B dr total 617B.  Tp mmg
th 2006 dan 2007 masing2 ada 3 kapal yg dijual, saya kira ini utk peremajaan.
Ini masih ditambah lg dg lease vessel yg nilainya sekitar 1.3T utk 11 vessels.
Untuk operatingnya BLTA ini jg menghadapi kendala yg tidak mudah.  Komponen
terbesar Direct Costnya adalah FUEL.  Jadi tidak heran kalau Gross marginnya
tdk begitu menggembirakan di Q1 08, dan kedepan saya kira akan makin tertekan,
ditambah lg biaya Port Charges dan Docking yg naik 2x lipat dr 2006 ke 2007
Dari sisi total debt tekanannya lebih besar lagi.  Dr Bank Loan dg BnB Nor Bank
Asa $ 561jt, yg terdiri dr Tranche A Secured Term Loan $400jt Libor
+1.75%p..a.  with 40 equal payments @$8jt/quarter dan Tranche B revolving loan
$161jt Libor +1.5%p.a. with 20 equal payment @$5jt/quarter
(konsortium/syndication/club deal dg Fortis, ING dan NIBC bank) schedule
Principal Repaymentnya 807B yr.1, 794B yr. 2, 745B yr.3, 747B yr 4, 640B yr. 5
dan 2.7T yr. 5 thereafter
Ini masih ada lagi utang obligasi BLT II 340B, 14.75%p.a. yg matured Mei 2008
(jangan2 ini direfinancing dg hutang baru dr Bank mandiri 350B @8.9% p.a yg
baru digranted January kemaren), Obligasi BLT III 700B @ 10.35% p.a, Syariah
Mudhabarah 60B dg sistem bagi hsl 25% dan Sukuk Ijarah 200B
Masih ada lagi Guarantee Notes $400jt.  Kalau mau ditebus sebelum 15 Mei 2011
harus dibeli dg harga 107.5% + bunga (itupun hanya 35%nya aja), 100% sbm 15 Mei
2012
Ini masih belum cukup, masih ada lagi 1.2T convertible bond yg dikhawatirkan
Pak Veter.  Walaupun ini unsecured debt tapi terms & conditionsnya sangat
secured utk bondholders.
Tapi saya setuju dg Pak James, ini perusahaan memang sdg well expansion,
January kemaren entered into MOU  utk pembangunan kapal gas dan kimia senilai
JPY 17.7B dan punya kontak baru dg galangan kapal di jepang $185jt dan 19.5T.
Tapi dg struktur financing spt itu kita lihat aja kepiawaian financial
engineernya.  Karena sampai dengan Dec. 2007 (belum termasuk utang baru Bank
Mandiri 350B debt - equity rationya 419%.  Negative Covenant dr syndication
bank mewajibkan D/E rationya 250% by end of 2008 or default otherwise,
sementara manjemen menargetkan 150%.  Let's see.
AA