Thanks atas pencerahannya pak Armando... and bro James...
Berarti untuk LT masih beresiko yah.
Trading aja deh kalo gitu, baru masuk sedikit sih.

salam,

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Armando Anthony
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak James,
> Project Financing mmg lebih layak kalau melihat jumlah capital
investment sebesar itu.  Tapi itu kan sifatnya off-balance sheet dan
biasanya ada tenor utk Interest During construction (IDC).  Jumlah kapal
baru yg baru dibeli itu 14 vessels + 3 kapal yg baru selesai konstruksi.
Apakah ini termasuk dalam 7 vessels yg pak james sebut?  Di fixed asset
jelas ada tambahan 7T sedangkan in-progressnya dr th 2006 yg di reclass
th 2007 ada 482B dr total 617B.  Tp mmg th 2006 dan 2007 masing2 ada 3
kapal yg dijual, saya kira ini utk peremajaan.  Ini masih ditambah lg dg
lease vessel yg nilainya sekitar 1.3T utk 11 vessels.
> Untuk operatingnya BLTA ini jg menghadapi kendala yg tidak mudah.
Komponen terbesar Direct Costnya adalah FUEL.  Jadi tidak heran kalau
Gross marginnya tdk begitu menggembirakan di Q1 08, dan kedepan saya
kira akan makin tertekan, ditambah lg biaya Port Charges dan Docking yg
naik 2x lipat dr 2006 ke 2007
> Dari sisi total debt tekanannya lebih besar lagi.  Dr Bank Loan dg BnB
Nor Bank Asa $ 561jt, yg terdiri dr Tranche A Secured Term Loan $400jt
Libor +1.75%p..a.  with 40 equal payments @$8jt/quarter dan Tranche B
revolving loan $161jt Libor +1.5%p.a. with 20 equal payment
@$5jt/quarter (konsortium/syndication/club deal dg Fortis, ING dan NIBC
bank) schedule Principal Repaymentnya 807B yr.1, 794B yr. 2, 745B yr.3,
747B yr 4, 640B yr. 5 dan 2.7T yr. 5 thereafter
> Ini masih ada lagi utang obligasi BLT II 340B, 14.75%p.a. yg matured
Mei 2008 (jangan2 ini direfinancing dg hutang baru dr Bank mandiri 350B
@8.9% p.a yg baru digranted January kemaren), Obligasi BLT III 700B @
10.35% p.a, Syariah Mudhabarah 60B dg sistem bagi hsl 25% dan Sukuk
Ijarah 200B
> Masih ada lagi Guarantee Notes $400jt.  Kalau mau ditebus sebelum 15
Mei 2011 harus dibeli dg harga 107.5% + bunga (itupun hanya 35%nya aja),
100% sbm 15 Mei 2012
> Ini masih belum cukup, masih ada lagi 1.2T convertible bond yg
dikhawatirkan Pak Veter.  Walaupun ini unsecured debt tapi terms &
conditionsnya sangat secured utk bondholders.
> Tapi saya setuju dg Pak James, ini perusahaan memang sdg well
expansion, January kemaren entered into MOU  utk pembangunan kapal gas
dan kimia senilai JPY 17.7B dan punya kontak baru dg galangan kapal di
jepang $185jt dan 19.5T.
> Tapi dg struktur financing spt itu kita lihat aja kepiawaian financial
engineernya.  Karena sampai dengan Dec. 2007 (belum termasuk utang baru
Bank Mandiri 350B debt - equity rationya 419%.  Negative Covenant dr
syndication bank mewajibkan D/E rationya 250% by end of 2008 or default
otherwise, sementara manjemen menargetkan 150%.  Let's see.
> AA

Stocknya

RTI.