--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "jsx_consultant" <jsx-
[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Valuasi BUMI pake metode Slwtid:
>
> P/E industri coal = 12,91
> tapi karena Operating profit margin BUMI besarnya 2x rata rata
> industri, embah ambil PE = 20
>
> Estimate eps 2009 (average) = Rp 682. (low = 292, high = 967)
>
> Jadi valuasi BUMI = 20 X 682 = Rp 13.640,-
>
> Margin of safety diambil 40% (sangat aman)
>
> Harga BUMI = 60% X 13640 = Rp 8184
>
> Margin of safety buat PIG = 50% (ada bandar gila lagi ngamuk)
>
> Harga BUMI = 50% X 8184 = Rp 4092,0

Yang jadi berat buat saya adalah manajeman yang terus membuat hutang
dan masalah herald. Apa BUMI tidak punya cara lain untuk membuat
GROWTH. Well.. bagi perusahaan yang sudah matur kayak TLKM, BUMI,
UNVR akan timbul 1 masalah yaitu di GROWTH, biasnya kas perusahaan
besar.

ada 2 pilihan.
1. MEMBELI pertumbuhan : Akuisisi
2. Kembalikan ke dalam bentuk dividen / buy back saham

nah yang terkedan di BUMI adalah Membeli pertumbuhan, dan juga buy
back saham, tapi kok pake HUTANg ya???

udah gitu, perusahaan yang dibeli, (HERALD) tahun lalu itu belum
menghasilkan profit. dan BUMI tahun ini KATANYA sih sedang cari dana
untuk biayai operasional herald...

Nah, JIKA BUMI membukukan kergugian pembelian saham HERALD (beli 2,85
saat ini cuman 1,3) maka BUMI siap2 membukukan rugi kira2 2 triliun
rupiah dari herald. Belum lagi Bunga bank yang bertambah.

Kerugian ini tentu akan mengurangi Net profit margin serta menaikan
PE..

hmm... laba BUMI kan banyak juga berasal dari penjualan KPC dan
ARUTMIN, ttentu ke depannya akan mengurangi laba BUMI dari COAL
bukan.yang lebih ahli mungkkn bisa banytu ngitung efek perubahan
pnjualan KPC dan ARUTMIN terhadap laba bumi...

well, secara TA aja dulu,
saat ini udah death cross MA 100 dan MA 200, mean VERY BAD, karena
biasanya harga akan turun..kalau bener seperti kata MBah, 4000 aja
udah diskon, saya nungu 1500 aja deh,he3... kalau kesampaian, maka
nunggu 1000,he3...

kalau mau invest KADANG harus minta diskon SUPER GEDE.....
dikasi atau ngga, urusan nanti...

well : FAKTA : BUMI LAGI DOWTREND , BEARISH BERAT...
tapi kalau verdasarkan valuasi embah dan TA saya, bisa mulai akulasi
BOW... beli plan2 aja... karena dari FA : katanya 4000 udah OK, TA:
masih bisa turun..

digabungkan : BOW aja..

Kirim email ke