Assalamualaikum.Wr.Wb.

Maaf da Bandaro setelah sore hari baru muncul di jalum
postingan ini.

Dari kemaren sibuk terus dari pagi- malam, begitupun
hari ini, baru nyampai rumah jam 4 sore. Tadi sempat
chat  ngak sampai 5 atau 10 menit kali, dengan da
Bandaro Labiah, tapi mohon maaf karena terpaksa off.

Ada beberapa mail di japri yang sempat kebaca, namun
jelas tak sempat dibalas, mohon bersabar bagi yang
belum sempat membalasnya, insyaAllah akan dibalas
juga.

Da Bandaro labiah akan saya jawab saja pertanyaan uda,
dan silahkan dik Ridha menambahkan atau
mengomentarinya.

1 ) Dalam hal saling kenal mengenal Allah berfirman
didalam surat Al Hujuraat  yang artinya : "  Wahai
sekalian manusia sesungguhnya aku menciptakan kamu
dari lelaki dan perempuan dan kami menciptakan kamu
berbangsa2 dan bersuku2 semua itu agar kamu saling
kenal mengenal ".

2 ) Dalam Khitbah ( Tunangan ) :  "  Dan tidak ada
dosa atas kamu dari meminang wanita-wanita itu, dengan
sindiran atau dengan menyembunyikannya…..dst ( Al
Baqarah 235 ).
Dalam Sunnah : "  Tidak boleh mengkhitbah seorang
lelaki akan tunangan orang lain " . ( nail Authar oleh
Syaukani juz 6 hal 10 ).

3 ).Sebelum masuk ke Khitbah sebenarnya ada anjuran
bagi para lelaki untuk Ikhtiar ( memilih calon
pasangannya ). Disana ada beberapa syarat dalam
memilih pasangan.

Ketika seorang sahabat mengeluh pada Umar akan anaknya
yang durhaka, maka Umar memanggil anaknya. Setelah
mengetahui siapa anaknya dan ibunya seorang yahudi dan
anak tak pernah diajarkan agama, oleh ibunya, maka
jelaslah bagi  kita cirri –ciri khas seorang istri itu
kayak apa.

Seseuai dengan hadist rasulullah SAW : " Dinikahi
wanita itu dengan empat perkara, hartanya nasab (
ketyurunannya ), kecatikannya dan agamanya, maka
beruntunglah orang yang memilih karena agamanya ".

Dalam pada ini seorang lelaki sebelum menikahi seorang
wanita hendaklah terlebih dahulu melihat calon ibu
dari anak-anaknya, jangan hanya sekedar hawa nafsunya
belaka, karena kecintaannya pada wanita itu belaka,
tapi yang harus diingat adalah wanita yang baik untuk
anak-anaknya kelak, yang dapat mengajarkan
anak-anaknya bimbingan agama.

Seorang suami yang baik dan tidak egois adalah sebelum
menikah ia sudah memikirkan calon yang baik untuk ibu
dari anak-anaknya, bukan untuk kepentingan pribadinya
saja.

4 ) Dalil Syara' walimahan ( pesta ).

Dari Tsabit dari Anas bin Malik ia berkata : "
Rasulullah SAW mengadakan walimahan dari para istri-
istri beliau, sebagaimana beliau walimah atas Zainab,
maka pestalah kamu walau hanya dengan seekor kambing
". ( H. R. Bukhari dllnya )

Dalam hal ini banyak pendapat ulama didalamnya, tapi
pada dasarnya ia adalah sunnah, bukanlah suatu
kewajiban, sebagaimana didalam riwayat Tabrani di
kitabnya " Al Ausath ", dari jalan Mujahid, dari Abi
Hurairah :

 " Walimah ( pesta ), adalah suatu hak, dan sunnah,
barang siapa yang mengatakannya wajib sesungguhnya ia
telah ingkar.

Hadist-diatas ada tiga syahid yang lain. ( banyak
sekali mengenai walimah ini hadist-hadistnya, maaf,
namun cukup satu saya sebutkan, bisa dilihat di dalam
kitab " fathul baari syarah shahih Bukhari oleh imam
Ibnu hajar Al Asqalaani ).  Ibnu Battal juga
mengatakan pesta ini adalah sunnah saja.

Dalam syarah Bukhari itu juga Ibnu hajar menjelaskan
bahwa dalam kitab Tabrani , dari Saib bin Musayyab,
dari Abi Hurairah ia berkata :

 " Sejelek2 makanan adalah makanan yang didalamnya
suatu pesta yang hanya diundang orang-orang kaya saja
dan meninggalkan orang-orang miskin ".

Hadist " Aulim walau bi syaatin " ini sangat terkenal
dan terdapat di berbagai kitab hadist. Namun hukumnya
oleh sebahagian besar ulama hanyalah Sunnah saja.

Okay,..mulai dari perkenalan, tunangan dan nikah,
sampai pesta, saya kira dalil sudah cukup.

Wassalam. Rahima. Sikumbang.