Assalamualaikum wr.wb.

  Semua pendapat dan asumsi2 yg dikemukan bagus2. Tetapi mnrt ambo, saat ini
akan lebih kita batasi dulu scope nya.

  Ini aset sudah "tergeletak" dan berkarat krn tidak dipakai dan dirawat.
Apakah memang kita akan membiarkan begitu saja...? Apakah kita akan menunggu
sampai 10 - 20 thn mendatang, baru kita manfaatkan lagi...? Ada gak alternatif
lain atau terobosan2 agar Jaringan Kereta Api yg sudah ada ini bisa
dipertahankan...?

  Kalaupun belum akan untung besar utk dioperasikan,  tapi setidaknya bisa lah
buat self support dulu. Tp jgn lah dibiarkan hancur begitu saja dimakan waktu.
Sayang kan kalau segala sesuatu hrs dibangun lg dr awal...

  Utk extend jaringan kereta api di Sumbar...? Rasanya semua juga menyadari
lah. Jauh itu panggang dari api, betul skl emang.

  Makanya sementara ini, saya lebih suka menggunakan istilah: "Optimalisasi
Aset Raksasa Jaringan Kereta Api Sumbar". Dan ini tidak bisa hanya dipikirkan
oleh 1 - 2 org saja. Makanya Pak Saaf dan Pak Chaidir mendorong terbentuknya
Paguyuban ini dan mengundang semua dunsanak untuk memberikan masukan2 dan ikut
"bersuara".
Apakah dg berdiskusi dan mengeluarkan statement saja sudah cukup? Rasanya
belum. Perlu juga 'marketing' untuk isu-isu ini. Perlu juga 'gerakan-gerakan'
nyata untuk itu. Kenapa? Agar orang berpaling dan menyempatkan diri memberi
perhatian ke isu ini.

  Katanya, selalu saja di dunia ini ada businesman2 yg punya NALURI untuk
membuat hal2 yg tidak nyata menjadi nyata. Membuat yg tidak mungkin jadi
mungkin. Contohnya? Banyak. Cari sendiri dah...

  Harapannya, dengan formalisasi Paguyuban ini, disamping lobby2 dan channels
relatiohship, perlu juga SENSASI untuk publikasi secara luas. Untuk apa? Ya
untuk mencari dan membangunkan "orang2 gila" yang punya naluri2 bisnis itu tadi.

  Mau optimalisasi dari APBD? Sama saja, jauh panggang dari api tu mah...
Setidaknya untuk kondisi ekonomi seperti sekarang ini.

  Sekian dulu. Pandapek ambo bisa kurang tapek, karano ambo bukan ahli
perkereta apaian dan bukan ahli ekonomi. Ambo cuman urang IT nan sdg tagiah2nyo
mangodak Sumbar...;-)

  Wassalam,
  Nofrins St. Batuah

proto_melayu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  walaikumsalam Bapak..

nah itu dia..kalau kita membayangkan 20 hingga 30 tahun kedepan..kita
juga mempercayai bahwa transportasi apapun bentuknya adalah imbas dari
perkembangan wilayah. ketika wilayah telah berkembang pesat dan faktor
penduduk yang bertambah padat maka Mass Rapit Tranportaion (MRT)
adalah pilihan bijak.contohnya adalah jakarta,china dan vietnam tadi
yang topografinya adalah lumayan datar dan mereka butuh jalur darat
yang panjangnya hingga ribuan kilometer..untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat memobilisasi barang maupun jasa..

begitu juga SUmbar..ketika pembangunan dan perkembangan wilayah sudah
sedemikian pesatnya maka mau gak mau Alternatif ranportasi yang lebih
cocok pun akan muncul..

masalahnya sekarang kita tidak tau kapan Sumbar akan mencapai taraf
itu. apakah 20 tahun lagi atau malah 100 tahun lagi ? kalau kita
terlalu gegabah membangun infra struktur untuk kebutuhan yang belum
jelas apa tidak akan sia sia ? sudah kah terikirkan dapat biaya dari
mana ? biaya untuk bikin rel baru dan beli lokomotif lengkap dengan
gerbongnya gak sedikit loh ? apakah PAD sumbar cukup ? atau mungkinkah
ada investor yang mau dengan melihat kondisi riil lapangan ? investor
akan datang kalau demandnya juga kencang. taroklah dalam 5 tahun ini
selesai..kalau gak ada yang memanfaatkan bagaimana ? tidak kah sia sia
? jangan bayangkan rel kereta yang ada sekarang bisa dipakai oleh
kereta listrik modern loh..

jadi menurut saya kita fokus ajalah ke pengembangan wilayah toh
pertumbuhan tranposrtasi akan berjalan linear dengan perkembanagn
wilayah dan perekonomian..linear sesuai kebutuhan..sarupo jo pepatah
lamo " dima tumbuah disitu disiangi "..

mohon maaf bapak bapak dan sanak sadonyo..saya bukannya ingin
mematahkan keinginan untuk menghidupkan kembali kereta api di
Sumbar..saya setuju namun harus disaat yang tepat..lebih baik tenaga
dan dana yang ada dimanfaatkan dulu untuk pendidikan, kesehatan dan
modal akselerasi perekonomian rakyat..sejauh pemahaman saya
transportasi alternatif belum dibutuhkan Sumbar saat ini hingga
beberapa tahun kedepan...yang dibutuhkan adalah "sawah ladang
alternatif"..

salam

proto

--- In [EMAIL PROTECTED], chaidir latief
wrote:

> sanak proto dan para dunsanak yang lain nan berminat jo kereta a[i
>
> ass ww
> ambo hanyo minta perhatian
> 1, maliek 20 atau 30 tahun ke depan Apo akan hanyo akan
menghandalkan HANYA pada jalan raya Lai tabayangkan baa padatnyo dan
bara minyak bumi nan akan dibuang percuma
> 2. Kini priritas Pemerintah untuk kereta api adalah angkutan
perkotaan dan angkutan barang
> 3 Apo yang dinamokan integrated trasport alah dilakukan dimana
mana di dunia ini Kecemasan sanak akah diatasi dengan sistem dan teknologi
> 4 Sekali lagi lai namuah kita merubah atau mau nak kita berubah
pertamo jalan pikiran dan arah usaho Untuk anda ketahui Vietnam sajo
kini sedang mempersuapkan highspeed train nan 250 km/jam kalau Cino
alah nan 400 km/jam

wrote:
> [...]
> topografi yang landai/flat. kalau di sumbar riau agak susah banyak
> jalan mandaki dab bakelok kelok dan kota jaraknyo dakek dakek...kereta
> jurusan tanjuang karang - palembang nan daulu melayani 2 X saminggu
> kini pun hanyo 1 X saminggu lai karano memang peminatnyo indak banyak
> kalah dengan bus2 yang lebih nyaman dan aman..
>
> jan dibandiangkan jo monorail..kalau iko alternatif kemacetan..dan
> memang kaharusan dalam sebuah kota yang jalur daratnya sudah tidak
> bisa menampung banyaknya kendaraan..
>
> antahlah..klo manuruik ambo sampai kini yo oto ko lah nan ideal di

tangah-tangahnyo.
> minusnyo
disampiang