Sanak Ridha inti nan ambo katokan bukan mode itu. Agamo tujuannyo pasti mulia
tarutamo untuak maatur hubungan mahkluk jo Tuhannyo . kita tahu ajaran agama
tidaklah cukup untuk mengatur pola hidup dan sosial seseorang sehingga
masyarakat membutuhkan apa yang dinamakan sekarang adat dan budaya. Tidak bisa
disetarakan karena konteksnya sendiri tidak dapat disamakan. Kesamaannya adalah
tujuannya tadi yaitu menuju kehidupan yang harmonis aman dan damai. ..

  Mengenai berbagai macam tafsir yang berbeda beda terus terang aku makin yakin
bahwasanya wahyu Tuhan itu adalah multi tafsir sehingga kita tidak bisa
memaksakan pendapat pribadi tantang itu. Karena penilaian terhadap makna wahyu
ibarat melihat photo yang menggambarkan sejarah Muhammad SAW kita hanya bisa
meraba raba dan menerka apa maksud dibalik itu, mencontohnya dgn penyesuaian
dengan kondisi masa sekarang..

  Ridha yang baik, aku baru tahu Islam menurut Hamka, Islam menurut Natsir,
Islam menurut Abduh, Islam menurut  Quttub, Islam menurut Hasan Al Abanna,
Islam menurut Ridha sendiri dan Islam menurut yang lain lain. Terus terang aku
belum puas Ridha. Yang aku cari belum kutemukan yaitu Islam menurut Alloh,
pembuat agama itu sendiri. Bagaimana caranya ? berguru kepada mereka mereka itu
? yang aku dapat hanya Islam menurut mereka, membuka Al Quran dan Hadist dan
memahami sesuai pemahamanku maka orang2 akan menganggap bahwa yang kudapat
adalah Islam menurut ku sendiri. Tapi tak mengapa Ridha aku membuka AL Quran
dan memiliki keyakinan dalam diriku dan akal sehatku bahwa yang kupahami itu
adalah Islam menurut Alloh..Insya Alloh..

  Salam

  Ben

Ahmad Ridha <[EMAIL PROTECTED]> wrote: On 2/21/07, proto_melayu
 wrote:

> [...]
> adat dan budaya tujuannya adolah untuak menata kehidupan manusia agar
> senantiasa damai, rukun, sentosa dan sejahtera. Bahagia hidup didunia
> dan Insya Alloh sanang pulo di akhirat.
>
> lalu apakah jalan untuk menuju tujuan yang mulia tersebut ? jalannya
> adolah menerapkan norma agamo, adat maupun budaya itu tadi. nah
> repotnya jalannya itu ternyata banyak cabang alias multi tafsir.
> meskipun banyak cabang sesungguhnya tujuannya itu2 juga alias sama.
> ibarat sungai yang memiliki banyak anak namun muaranya tetap ke laut juga.

Jadi baa intinyo pendapat dunsanak? Islam samo adat jo budaya tu
setara? Jadi indak masalah nan ma nan ka dipiliah? Ambiak nan lamak
tingga-an nan indak katuju?

> fenomena seperti tidak hanya terjadi di Sumbar saja melainkan
> menyeluruh termasuk ke bidang agama maupun politik. Tak heran sekarang
> banyak aliran agama yang muncul diikuti oleh perdebatan bahkan
> disertai konflik fisik sehingga tujuan diturunkan agama kemuka bumi
> sebagai "rahmatan lil alamin" tidak tercapai alias dilupakan…..begitu
> pula didunia politik mulai dari internasional, nasional, lokal hingga
> organisasi kecil ber genre kesukuan ikut larut dalam perikaian
> memperdebatkan jalan tersebut..

Ungkapan "rahmat lil 'alamin" ko iyo acok bana disalahgunokan.
Silakanlah dunsanak caliak tafsir ayatnyo. Tafsir Ibnu Katsir kan lai
mudah mancarinyo kini.

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

 Get your own web address.
 Have a HUGE year through Yahoo! Small Business.