--- In ppiindia@yahoogroups.com, "givingnewhope" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Salam balik maniez..
> Saya comment yang ini aja deh:

> nggak
> untuk
> dipenuhi
>

> Justru karena marx menyadari (bahkan sangat menyadari) bahwa
> diversity adalah sumber bencana. Sejarah sudah membuktikan
> pengelompokan manusia ke dalam strata-strata yang berbeda melahirkan
> ketidakadilan, ekslusivitas bahkan pengeksploitasian manusia besar-
> besaran.

** kesalahannya kapitalis adalah kebebasan penuh yang akhirnya
menciptakan ketidakadilan. "yang kuat akan selalu menang dan semakin
makmur" sedang yang lemah akan semakin terhimpit.

di pihak lain, sekali lagi inilah kesalahannya Marx yang dipointed
out. melupakan bahwa masyarakat itu punya kehendak bebas, adalah
kumpulan individu, bukan kumpulan mesin-mesin yang bisa diperlakukan
sama. di dalam sistem ini semua orang mendapat imbalan sama apakah dia
dokter atau tukang sapu. coba mana orang mau termotivasi...
Dia menganjurkan ekstrim yang kiri (kendali kaku) untuk menghindari
ekstrim yang kanan (kebebasan). kendali penuh oleh state akan
mengebiri kebebasan individu berkespresi, berkarya, sesuai dengan
potensi alamiahnya.
jadi sederhananya Marx melihat manusia seperti benda mati, nggak ada
human psychology, apalagi spirituality. meski ia sendiri tidak pernah
menentang spirituality lho, tetapi jalan spiritual tertutup dalam
sistem ini. pendeknya manusia hidup cuman untuk memenuhi kebutuhan
dasarnya itu doang, sangat materialistik...

dalam PROUT, pada dasarnya pemenuhan kebutuhan pokok setiap orang
harus dijamin. lalu insentif akan didistribusikan sesuai dengan
sumbangsih perorangan berasal dari kelebihannya produk atau kekayan
yang ada. dengan demikian tidak akan ada penumpukan kekayaan
berlebihan, dan tetap ada motivasi dan kesempatan bagi yang berpotensi
untuk berkarya semakin banyak. setiap orangpun tidak lagi tertekan
memikirkan kebutuhan dasarnya melulu.... lihat sekarang setiap orang
hidupnya nggak lebih buat cari nafkah/uang.
di sistem baru ini hidup menjadi ladang untuk mengolah bakat dan hobi,
seperti seni, budaya, servis, rohani, semua akan mendapat tempatnya.
manusia menjadi penuh, aktualisasi kata Maslow.

dalam PROUT teknologi tetap dikembangkan. tujuannya adalah efisiensi
kerja. tetapi bukan memperkaya pemilik modal, namun dengan upah yang
sama waktu kerja bisa dipotong, sehingga ada waktu extra buat di rumah..

Prinsip pertama PROUT adalah, "tidak ada satu individupun diijinkan
mengakumulasi kekayaan tanpa ijin atau persetujuan dari badan kolektif"
dua, "harus ada pemanfaatan maksimal dari potensi alam, mental dan
spiritual dari alam semesta ini"
tiga, "harus ada pemanfaatan maksimal dari potensi fisik, metafisik
dan spiritual dari individu dan masyarakat"
empat, "harus ada penyesuaian yang tepat antara pemanfaatan potensi;
fisik, metafisik, alam, mental, dan spiritual"
lima, "metode pemanfaatan adalah bervariasi sesuai dengan perubahan
waktu, tempat dan orang, dan sifat dari pemanfaatan ini adalah progresif"

Maka dari itu ia menciptakan sebuah sistem yang komunal
> [...]
> atau apapun. Hanya saja pemikiran marx meleset, karena pada
> praksisnya, ternyata sistem yang diciptakannya itu berjipak pada
> subjektivitas penjalan sistem tersebut. Artinya, marx tidak menyentuh
> akar-permasalahan manusia yang sebenarnya yaitu 'hawa nafsu'. Karena,
> apabila sistem itu jatuh ke dalam tangan seorang manusia rakus maka
> akan melahirkan rejim ditaktorisme dan pengeksploitasian manusia.
> Tetapi bila dijalankan oleh tangan seorang bijak, maka KEMUNGKINAN
> BESAR melahirkan perdamaian, kesejahteraan serta keadilan.

** tangan bijak yang dimaksudkan hanyalah sebuah impian.

> Mengenai PROUT saya belum bisa berkomentar banyak karena memang ini
> info baru. Kira2 bisa anda jelaskan kelebihan sistem PROUT ini
> dibandingkan kapitalis dan sosialis?

** sudah di atas

salam,

Widya