apakah mereka yg percaya wahyu tuhan itu juga percaya abu bakar?
anyway: saya tidak percaya dengan iqra. filsafah saya: human brain is a work horse to move the water, not a water retainer. Cogito ergo sum, bukan I remember, therefore I am. mungkin filsafah saya bertentangan dengan tuhan .... On 9/20/07, rezameutia <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > --- In [email protected], "Leo Susanto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > > saya pikir Reza bakalan follow-up dengan pertanyaan ini: "Kok seorg bisa > > percaya bahwa bible itu wahyu Tuhan walaupun ditulis oleh manusia?" > > > > > he.. he.. he.. > > udah bisa ngebaca pikiran, nih. > > no. bukan itu follow up-nya. > > saya cuman mau mengatakan tuhan tidak menyuruh muhammad untuk menulis > quran, tapi menghapalkan quran, "iqra". ide penulisan kodifikasi > quran datang dari kalifah abu bakar, setelah muhammad meninggal. > > itu sebabya, islam percaya bahwa quran adalah wahyu tuhan, sama sekali > bukan tulisan manusia. > > > > > > > Well - saya enggak punya jawaban utk pertanyaan diatas. It's too > personal. > > > > Sama spt saya yg lebih suka brown head daripada blond. Why? I don't > know. > > > > On 9/20/07, utusan.allah <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > > > > > > > > > > Susah buat orang Islam yany memang dungu-dungu kayak anjing dan korban > > > kibulan orang Arab danpenyembah Allah fiktif itu untuk berfikir kritis > > > seperti yang dilakukan oleh (banyak) orang Nasrani... > > > > > > Pandir. > > > > > > Lalu dia nanya: > > > > > > "maksudnya, orang kristen percaya bahwa bible adalah tulisan tangan > > > manusia, bukan wahyu tuhan?" > > > > > > Pertanyaannya jadinya juga pandir. > > > > > > > > > --- In [email protected], "Leo Susanto" <leosusanto@> wrote: > > > > > > > > jelas - emang tuhan bisa nulis? Tuhan saja memerintah Muhammad buat > > > nulisin > > > > titah dia kok. > > > > > > > > masalahnya org Kristen itu sadar (kecuali yg cengok dan yg pura2 > tidur) > > > > bahwa bible yg ada ditangan mereka itu sudah direvisi, dikotak katik > > > oleh > > > > "authority" pada waktu itu sehingga isinya bisa berbeza. Belum lagi > > > urusan > > > > translasi dan konteks sejarah - bikin mumet. > > > > > > > > jelas mereka JUGA percaya bahwa bible itu adalah wahyu tuhan. > > > > > > > > > > > > On 9/20/07, rezameutia <rezameutia@> wrote: > > > > > > > > > > maksudnya, orang kristen percaya bahwa bible adalah tulisan tangan > > > > > manusia, bukan wahyu tuhan? > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > --- In [email protected], "Leo Susanto" <leosusanto@> > wrote: > > > > > > > > > > > > ya - tulisan matius, markus, yohannes, dan lukas. walaupun kita > > > > > nyang kritis > > > > > > masih ragu: apakah bener matius, markus, yohannes, dan lukas > nyang > > > > > nulis. > > > > > > > > > > > > > > > > > > On 9/19/07, rezameutia <rezameutia@> wrote: > > > > > > > > > > > > > > --- In [email protected], "jusfiq.hadjar" > > > <jh.apakabar@> wrote: > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > Ya, memang nggak ada masaalah. > > > > > > > > > > > > > > > > Dan bagus, jadi saya ikut senang bahwa orang Nasrani > sudah lama > > > > > sampai > > > > > > > > ke kesimpulan bahwa Bible itu bukan buku sejarah. > > > > > > > > > > > > > > > > Mereka sudah lama sadar bahwa Bible itu adalah hasil tulisan > > > manusia > > > > > > > > hinga dalam memahami isi Bible itu mereka bisa bersikap > > > kritis dan > > > > > > > > rasional (Paus juga memakai judul FIDES ET RATIO).. > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > "bible adalah hasil tulisan tangan manusia..." > > > > > > > > > > > > > > ini udah konfirm, fiq? > > > > > > > > > > > > > > anda nggak lagi giting 'kan? > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > Dan saya juga percaya bahwa orang Narani yang banyak yang > > > > > > > > pinter-pinter itu akan meneruskan diskusi untuk terus > > > mempercerdas > > > > > > > > pemahaman mereka terhadap Bible.. > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > Post message: [EMAIL PROTECTED] > > > > > > > Subscribe : [EMAIL PROTECTED] > > > > > > > Unsubscribe : [EMAIL PROTECTED] > > > > > > > List owner : [EMAIL PROTECTED] > > > > > > > Homepage : http://proletar.8m.com/ > > > > > > > Yahoo! Groups Links > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > Post message: [EMAIL PROTECTED] > > > > > Subscribe : [EMAIL PROTECTED] > > > > > Unsubscribe : [EMAIL PROTECTED] > > > > > List owner : [EMAIL PROTECTED] > > > > > Homepage : http://proletar.8m.com/ > > > > > Yahoo! Groups Links > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > > > > > > > > > > > > > > > > > > > Post message: [EMAIL PROTECTED] > > > Subscribe : [EMAIL PROTECTED] > > > Unsubscribe : [EMAIL PROTECTED] > > > List owner : [EMAIL PROTECTED] > > > Homepage : http://proletar.8m.com/ > > > Yahoo! Groups Links > > > > > > > > > > > > > > > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > > > > > > > Post message: [EMAIL PROTECTED] > Subscribe : [EMAIL PROTECTED] > Unsubscribe : [EMAIL PROTECTED] > List owner : [EMAIL PROTECTED] > Homepage : http://proletar.8m.com/ > Yahoo! Groups Links > > > > [Non-text portions of this message have been removed] Post message: [EMAIL PROTECTED] Subscribe : [EMAIL PROTECTED] Unsubscribe : [EMAIL PROTECTED] List owner : [EMAIL PROTECTED] Homepage : http://proletar.8m.com/ Yahoo! Groups Links <*> To visit your group on the web, go to: http://groups.yahoo.com/group/proletar/ <*> Your email settings: Individual Email | Traditional <*> To change settings online go to: http://groups.yahoo.com/group/proletar/join (Yahoo! ID required) <*> To change settings via email: mailto:[EMAIL PROTECTED] mailto:[EMAIL PROTECTED] <*> To unsubscribe from this group, send an email to: [EMAIL PROTECTED] <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to: http://docs.yahoo.com/info/terms/
