Assalamu'alikum.w.w.

  Maaf, saya terlambat karena baru kembali dari pakan baru pai manjapuik. Dan

kemudian "terpurangah" melihat keadaan "bergalau" seperti ini, dan ternyata saya absen

dalam pergulatan yang ada. Sekali lagi maaf.

    Menurut pengamatan saya setelah membaca semua postingan dari awal terjadinya

"kagalauan", sebetulnya tidak ada yang salah dan tidak ada yang didakwa dan jadi

terdakwa dan tidak ada yang jadi pembela atau dibela. Yang terjadi menurut kata orang

"gahat-gahat" adalah " cabiak-cabiak bulu ayam" seperti kata "Bundo" Nismah.

Kalau tidak salah pengamatan saya, dan niat sanak Adrisman memang tulus,

ia hanya mencoba mengajak kita untuk berfikir sedikit bagaimana kalau pertanyaan

orang-orang non-muslim ataupun kaum orientalis yang selalu menyerang Islam dengan

"gazwul fikri" nya atau perang intelektual, atau perang urat syaraf atau apalah nama

perangnya, ataupun beliau dalam kesulitan menjawab pertanyaan anak-anaknya atau

remaja-remaja muslim di sana mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Saya

pernah mengalami hal tersebut sampai akhirnya saya memulangkan anak saya ke

Indonesia. Dan Sanak Adrisman telah pula kembali mencoba memberikan jawaban

sendiri atas pertanyaannya, untuk menunjukkan niat baiknya bahwa "perang" seperti

ini memang telah dan akan terus terjadi terhadap kaum muslim.

   Di sisin lain dik Rahima telah mencoba menjelaskan bahwa kita tak usah

berlarut-larut tenggelam dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan kaum

orientalist yang berakibat hanya membuang-buang waktu saja. Jadi pada konsepnya

kedunya  sebetulnya hanya sama-sama ingin berbuat baik, hanya saja terjadi

miskomunikasi dan misinterprestasi dan yang susahnya hilang sangka bahwa orang lain

punya niat baik juga. Jadi sebetulnya, there is no problem with that.

    Saya dulu pernah seperti sanak Ad dengan niat  baik ingin menjelaskan pada orang,

yakni teman baik saya yang tidak terbiasa menghadapi hal-hal tersebut. Itupun bukan

bermula dari saya, teman saya malah bertanya dengan tumpukan kertas di atas meja

saya dan saya berusaha merahasiakannya. Tetapi karena didesak dan dengan janji

dia tidak marah dan saya mengatakan kalau belum siap sebaiknya tak usah saya jelas

kan. Karena desakan akhirnya saya katakan juga, bahwa itu adalah serangan orang-

orang orientalist terhadap al-qur'an. Setelah membaca dan mencoba memahami dia

marah besar dan mengatakan "tidak sepatutnya bapak mengatakan pada saya",

padahal tadi beliau mendesak. Kesimpulan saya akhirnya sama dengan

 dia (setelah saya menjelaskan jawaban-jawaban atas serangan orang-orang orientalist

itu dan menjelaskan padanya bahwa itu adalah serangan untuk melemahkan iman),

adalah bahwa hal-hal yang seperti itu sebaiknya tidak ada dalam da'wah kecuali jika

ada pertanyaan, dan harus dilihat siapa audience yang akan menerima.  Dalam

persoalan ini, kehati-hatian dik rahima cukup baik karena tak ingin hal tersebut

membuat orang punya iman lemah atau pengetahuan rendah malah terpengaruh

meskipun nanti jawabannya akan diberikan juga.

  Kemudian bagaimana kalau ingin mengajak orang untuk siap dengan pertanyaan itu ?.

Jawabnya tentu saja dengan mencari cara yang paling tepat agar tidak menimbulkan

dugaan dan kecurigaan bahwa si empunya posting  sebagai orang yang malah ikut

serta dalam mediskreditkan Islam.

    Jadi, tak ada yang bisa disalahkan dan tak ada yang patut dibela kalau kita ingin

memahami dengan baik apa yang sebenarnya terjadi. Dan tak perlu pula sanak Ad

meninggalkan milis ini karena hal tersebut terkecuali memang sudah berniat untuk pergi

juga. Di milis ini banyak manusia dengan berbagai karakter dan tingkat pengetahuan,

dan sebaiknya kita maklumi.

   Kemudian bila sanak Adrisman ingin meminta beberapa keterangan dari hal yang

ditanyakan dan itu berasal dari postingan saya, saya akan coba, tentu saja dengan

logika saya, dan didukung oleh ayat-ayat, saya coba berikan pada posting

"jawaban sekedarnya".

Wassalam

St. Sinaro

Do you Yahoo!?
Yahoo! Photos - Get your photo on the big screen in Times Square