mamak boes...

Iko mamak, ambo cubo jawab; tapi rasonya iko indak valid dijadikan
referensi.  iko lebih cocok arti 'ayat-ayat itu'  untuak ambo.  nan
iqro' nyo baru sampai jilid tigo.

1.  ketiko ambo smu, ambo pernah terharu mandanga kawan ambo mambaco
quran.  selain urangnyo gagah, inyo mambaconyo serius betul.  tapi
rupanya ayat-ayat yang dibacakan itu (kata do'i) adalah sejenis ayat
yang 'gagah'. dan mustinya saya tidak terharu tapi justru jadi
bersemanagat seperti mendengar lagu 'halo-halo bandung'. jadi pada
waktu itu rasa terharu saya lebih karena gaya kawan itu membacanya
saja.  bukan karena pengertian saya soal ayat tersebut.

ini pas seperti lagu balonku ada lima.  sebetulnya lagu itu bercerita
tentang kesedihan seorang (anak) yang balonnya meletus.  tapi karena
irama lagu tersebut, selama ini saya menganggap lagu tersebut adalah
lagu gembira.  terutama lagi karena ada kata-kata merah-kuning-
hijau....

2. ketiko ambo ospek, pada malam penutupan ado dibacokan ayat-ayat
suci lengkap jo tafsirnyo.  waktu itu ambo terharu, dan menangis.
tapi sebab utamanyo karena ambo lah panek dan nio berbaring sejenak.
setelah lihat kawan-kawan dan terharu itu diperbolehkan duduk, maka
ambo pun ikut berpartisipasi terharu.

3. ketika seorang teman baik ambo meninggal dunia, dan ambo tidak
mungkin untuk takziah karena terlalu jauh; maka ambo membacakan surat
yasin untuk inyo.  tapi, setiap kali ambo sampai pada "wal
qur'annul ...", segrompyok airmata manduru kalua dari mato ambo.  dan
pembacaan yasin itu baru sukses setelah ambo berwuddhu kembali dan
beristigfar.

jadi, soal getar-getar hati; bukan karena soal 'ayat yang mana' atau
pengertian pada ayat tersebut; lebih banyak karena respon kita
terhadap situasi fisik dan mental, pengalaman (field of experience),
mood.  resultante (bukan resul om-om) itulah yang bikin kita
bisa 'trance' bila mendengar ayat al quran.  tidak beda sama dek
yayah yang suka trance kalo dengar lagu 'goyang dombret'.

sabaitu ajo mamak.  ampunkan denai, lain kali indak amuah denai
mamuaek posting soal ayat-ayat ko doh.  panek mamikia jawok nyo.
indak bisa sekedar was-wis-wus-wes-wos dohhhh.  takuik kuwalat.

salam takzim

~rarach
'trance' = hyperbolic dari 'terharu'