Pak Darwin,

Pertama, mohon ditunjukkan tulisan saya yang "argumentum ad hominem". Saya
menilai ini adalah tudingan yang besar, dan jika memang saya melakukannya,
tentu saya perlu mengetahuinya agar dapat menghindarinya.

Kedua, pesan yang diteruskan dimaksudkan untuk menjelaskan makna suatu ayat
al-Quran sehingga tentunya perlu dicermati jika dalam tulisan yang sama ada
ungkapan al-Quran yang digunakan tidak dalam makna yang semestinya. Ibaratnya
ada seseorang didaulat untuk menjelaskan suatu teori matematika, lalu dalam
penjelasannya disebutkan bahwa "dua adalah bilangan ganjil".

Ketiga, komentar saya tidak ditujukan untuk mendukung calon manapun dalam
Pilkada DKI. Saya hanya tidak mau ayat al-Quran hanya dimanfaatkan atau
dipelintir untuk kepentingan politis.

Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Ahmad Ridha