Reni ...
Kehebatan kekerabatan matrilineal itu
di tangan perempuan Minang...
Lihat dan telitilah bila seseorang mengalami ditinggal kematian ayah di
Minangkabau yang masih memiliki kekerabatan yang kuat, maka anak-anaknya
masih berpeluang besar akan maju karena dijaga oleh kerabat ibunya, yakni
keluarga perempuan minang itu ....,
tetapi bila sang ibu yang pergi (kematian ibu) biasanya si anak menjadi
sangat susah, apalagi kalau si anak dibawa oleh si bapak ke ibu yang lainnya
Memang benar hubungan kekerabatan yang lebih tua ikatannya adalah hubungan
anak dengan ibunya.. walau nasab masih di tangan lelaki ... lihatlah
dekatnya anak-anak Adam AS kepada Hawa dari pada kepada Adam sendiri .. atau
bagaimana dekatnya Ismail kepada Siti Hajar atau Ismail kepada Sarah,
daripada kepada Ibrahim sang ayah .. itu pula barangkali pesan Nabi Muhammad
SAW kepada uimatnya ketika ditanya kepada siapa kami sepantasnya lebih
dahulu berbakti .. maka dijawab oleh Rasulullah "kepada ibumu" sampai tiga
kali ... dan seterusnya ... di sinilah wilayah kaum ibu perempuan yang
disikapi oleh orang Minang dengan tali matriliniel itu ...
Lihatlah ini sebagai suatu kenyataan dan kearifan ...
Wassalam
Buya HMA

--
Allahumma inna nas-aluka ridhaa-ka wa al-jannah, wa na'uudzu bika min
sakhati-ka wa an-naar