Indra J. Piliang tentang Buku 'Mengalir Meniti Ombak' (2)
Tips Jadi Politisi: Jangan Temani Kandidat Mana pun Pipis...

Top of Form

http://beritajatim.com/berita/brt980024839.jpg

Bottom of Form

Jum'at, 09 April 2010 07:12:36 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Sejarah hanya untuk para pemenang. Agaknya diktum
itu tak berlaku bagi seorang Indra Jaya Piliang. Politisi cum intelektual
muda Partai Golkar itu justru mendokumentasikan tiga kekalahannya dalam
berpolitik dalam buku setebal 568 halaman berjudul Mengalir Meniti Ombak:
Memoar Kritis Tiga Kekalahan.

Beritajatim.com mewawancarai Indra Piliang seputar bukunya., dan diturunkan
secara bersambung.

Saya tertarik membaca bagaimana Anda kehilangan kawan-kawan karena pilihan
politik Anda. Anda menyesal dengan pilihan itu?

Buku ini saya tujukan kepada kawan-kawan saya itu. Mudah-mudahan mereka
membeli dan membacanya. Saya tidak pernah menyesali. Memang sempat
terpikirkan lagi bahwa seandainya saya tidak maju sebagai caleg, saya sudah
diijon oleh 2 stasiun televisi sebagai komentator politik selama pileg dan
pilpres. Dan banyak sekali kontrak dengan lembaga-lembaga donor.

Penghasilan saya sebelum maju sebagai caleg lebih dari Rp 50 Juta dalam
sebulan. Mendapatkan uang begitu mudah. Semuanya lenyap, setelah saya
menjadi partisan. Toh selama jadi intelektual saya juga merasa sendirian,
kesepian. Biasanya, menyangkut mazhab pemikiran yang kita anut. Sama saja
menurut saya.

Sejak kecil saya terbiasa sendirian, pindah-pindah sekolah, tinggal bersama
nenek-nenek dari pihak ayah dan ibu. Kuliah di Jakarta juga kos di
tempat-tempat sangat sederhana dalam keadaan miskin. Belakangan saya sadari
bahwa perasaan kesepian itulah yang bisa menyebabkan saya bisa menjadi
seorang intelektual dan kini sebagai politisi.

Kini, saya tidak mudah lagi percaya kepada siapapun. Dulu, saya begitu mudah
percaya kepada orang. Kadang, perubahan itu berimbas juga kepada kalangan
terdekat saya, sikap skeptis yang tidak perlu yang bisa merusak hubungan dan
tali kasih dalam keluarga. Selama keluarga dekat saya tidak mempersoalkan
pilihan-pilihan hidup saya, saya tidak akan menyesali pilihan apapun,
termasuk dengan kehilangan sejumlah kawan.

Pada halaman 325 buku Anda, Anda mengatakan takut terhadap intrik politik.
Pernah nggak sih berintrik juga saat berpolitik?

Saya pembelajar yang baik, hahaha. Kalau dulu anda percaya 100% kepada saya,
maka sekarang, kurangi takaran itu menjadi 80% atau malah kurang. Mana tahu
saya sedang melancarkan sebuah intrik, hahaha.

Begini, saya orangnya terbuka. Jauh lebih mudah bagi Anda atau siapapun
melancarkan intrik kepada saya - hingga saya bersuara, misalnya - ketimbang
saya yang melakukannya. Kalaupun ada intrik, biasanya bertukar humor dengan
teman-teman dekat, misalnya bersama Poempida Hidayatullah. Saya bilang ke
dia, "Satu-satunya kesalahan Poempida adalah menemani Surya Paloh ke toilet
ketika menjelang pemungutan suara dalam Munas."

Tips menjadi politisi: jangan temani kandidat manapun pipis, karena anda
tidak akan dipakai dalam kepengurusan! Hahaha. Poempida kan tidak masuk
Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar.

Setahu saya, saya tidak pernah melakukan intrik. Ketika saya dapatkan sms
soal Jeffrie Geovanie, misalnya, saya teruskan ke Jeffrie. Lalu Jeffrie
menanyakan siapa yang mengirim. Ya, saya sebutkan saja orang itu. Eh, saya
kena semprot. Begitu juga dalam bursa kandidat Ketua Umum PG, saya sampaikan
saja apa yang ada di kepala, ketika beberapa tim sukses kandidat yang senior
saling mencela. Eh, saya juga kena semprot. Kini, saya belajar menutup mulut
saya. Dalam buku juga tidak semua nama saya tulis dengan jelas, kan? Itulah
intrik, barangkali. Atau etika politik. Atau entah sebutannya apa.

Belajar dari Buku?

Dulu, saya membaca buku-buku Mahatma Ghandi. Pernah juga membaca buku-buku
agama Budha, Shidarta Gautama. Ada satu kalimat yang saya ingat, entah dari
Ghandi, entah dari Gautama: "Pada dasarnya setiap manusia dilahirkan dalam
keadaan baik." Saya percaya itu. Dalam Islam juga, banyak sekali dalil-dalil
tentang itu, sekalipun dalam kehidupan keseharian - mengingat saya hidup di
lingkungan Islam --, justru berjalan berkebalikan. Saya tidak suka menyebut
keburukan orang lain. Saya bukan seorang yang pendendam.

Tetapi, jangan juga salah. Saya punya prinsip: musuh pantang dicari, bersua
pantang dielakkan. Kalau jelas-jelas orang-orang lain itu memusuhi saya,
saya pasti ladeni. [wir]

http://beritajatim.com/detailnews.php/2/Gaya_Hidup/2010-04-09/60980/Tips_Jad
i_Politisi:_Jangan_Temani_Kandidat_Mana_pun_Pipis...