Soal pemimpin tua dan muda. Yang tua disamping ada pengalaman dia
sudah tak memikirkan
lagi masa depan mau jadi apa, mau beli apa, mau rumah bagaimana.
Sementara waktunya ada.
Yang muda masih menapak hidup, membina keluarga, memperhatikan
pendidikan anak, mengejar
karir dan sebagainya.

Jadi saya tak aneh kalau banyak urusan kerja sosial sukarela, jarang
yang muda mau terjun, dengan
alasan seperti diatas. Ini kecuali yang punya semangat tinggi,
sehingga terpaksa mancilok cilok
waktu kantor atau waktu keluarganya.

Disini teori kebutuhan Winslow berlaku. Bagaimana sesorang mau
memimpin organisasi sosial/sukarela
kalau kebutuhan fisiknya belum terpenuhi. Kalau dipaksakan bisa dia
memakan uang organisasi alias
korupsi.

Kembali ke Anas, kalau dia akan berhenti jadi anggota DPR berarti dia
tak ada income pasti untuk
keluarganya. Apakah sebagai Ketum PD dia akan diberi gaji? Entahlah.
Stahu saya dia berasal dari
keluarga sedrhana tanpa warisa kekayaan. Sama halnya dengan kemanakan
saya Indra Piliang,
setelah dia berhenti dari CSIS dan tak berhasil jadi DPR, hati saya
galau bagaimana dia memberi
nafkah keluarganya secara pasti. Saya tahu kepiawaiannya menulis bisa
menjadi sumber incomenya.
Tapi itukan income yang tak pasti. Banyak juga para aktifis terpaksa
diback-up isterinya demi
mempertahankan kesenangannya sebagai aktifis. Ini tentu tak benar.
Jadi soal pemimpin tua atau muda, biarlah mengalir
saja..........jangan dipaksakan.

2010/5/26 Dr. Saafroedin Bahar <saaf10...@yahoo.com>:
> Bung Andrinof, kebetulan saya tidak bisa akses SUNTV. Bisa dilewakan di RN
> ini? Terima kasih.
>
> Wassalam,
>
> SB, Lk, 73 th, Jkt. Powered by Telkomsel BlackBerry®

Wassalaamu'alaikum
Dutamardin Umar (aka. Ajo Duta),
gelar Bagindo, suku Mandahiliang,
lahir 17 Agustus 1947.
Nagari Gasan Gadang, Kab. Pariaman. rantau: Deli, Jakarta, sekarang
Sterling, Virginia-USA
"menjadi bagian dari sapu lidi, akan lebih bermanfaat dari pada
menjadi sebatang lidi"