Pak Saaf,

Ini memang ada betulnya, sebab pengalaman saya sendiri dan kawan-kawan
personalia di batam ini, kami lebih sering menerima map lamaran kerja dari
warga Sumut ini dibandingkan dari daerah lain jika ada pembukaan penerimaan
pekerja.

Pernah sekali saya didatangi seorang yang mengaku dari Disnaker Kota Solok,
Bapak ini membawa beberapa orang tenaga skill sebab sudah dapat pelatihan
dari Dinas disana. Tetapi dua orang yang dibawa ke tempat saya tidak
berhasil untuk masuk bekerja sebab gagal ketika interview. Ketika saya tanya
pada yang nginterview, dia bilang, duh Buk..sepertinya bukan mereka yang
ingin kerja tp saya yang harus membujuk mereka untuk kerja, ga ada
semangatnya. Olala.... sungguh saya sangat malu, sebab boleh dibilang, orang
kampung saya dibilang begitu.

Selain pencaker dari Sumut sebagai yang terbanyak, keduanya dari tanah Jawa,
ketiganya dari daerah Palembang selebihnya dari kita dan daerah lain.

Wassalam
Rina