On Wed, Feb 25, 2004 at 10:50:12AM +0700, Arief Yudhawarman wrote:
> [...]

saya kurang paham maksud/istilah yang dipakai, tapi menurut
saya claim di atas bogus. nampaknya ybs belum bisa membedakan
implementasi ESMTP AUTH yang di sisi client vs server.

> Tambah satu pertanyaan lagi, postfix yg rencananya akan saya install
> ini akan 'melemparkan' (relay) semua outgoing email ke mail relayer,
> mail relayer ini pakai smtp auth, bagaimana konfigurasinya di postfix ?

smtp_sasl_auth_enable = yes
smtp_sasl_password_maps = hash:/etc/password

/etc/password:
relayer username:password

BTW, diskusi melantur dari ODMR ke ESMTP AUTH ya :-))
Postfix tidak support ODMR (baik sebagai client/server).
Demikian juga dengan exim, walaupun ada yang membuat program
yang bisa dipakai untuk mengimplementasikan ODMR di exim
(client saja).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja