From: "Asfihani" <[EMAIL PROTECTED]>

> Walaupun saya bukan guru, boleh kan saya nyela :-)

Mas Asfik juga saya anggap guru.
Bagi saya yg suka memberi pencerahan itu adalah guru siapa pun dia :)

> Pilihan anda sudah tepat hehe.

Coba kalau tahu postfix dari dulu, tidak bakalan kayak sekarang
kalang kabut pakai qmail. Postfix tidak membuat sayembara spt qmail
bahwa siapa saja yg dapat membobol server postfix dapat hadiah
uang tunai ?

>     ^^^^^^

> Anda tidak melihat kata "relayer" di email pak Adi :-)

Saya melihat saya pikir itu user yg merelay itu [EMAIL PROTECTED],
mungkin perlu disebutkan lebih lengkap mail relayer nkali :-)

> /etc/postfix/main.cf
>    relayhost = relayer.abc.co.id
>
> /etc/password
>    relayer.abc.co.id [EMAIL PROTECTED]:password

Jadi cuma adduser relayer.abc.co.id lantas setting passwordnya
[EMAIL PROTECTED]:password ?

> Pak Yudhi sudah join ke milis Postfix Indonesia belum?
>
> http://www.postfix.or.id/lists.html

Belum, ada rencana nanti, mengingat saya ini harus banyak baca-baca
dulu tutorial postfix sebelum ikut gabung.

TIA

~yudi