From: "adi" <[EMAIL PROTECTED]>

> saya kurang paham maksud/istilah yang dipakai, tapi menurut
> saya claim di atas bogus. nampaknya ybs belum bisa membedakan
> implementasi ESMTP AUTH yang di sisi client vs server.

Senang berdiskusi dengan guru :-)

Biar jelas permasalahannya saya lempar lagi diskusi awal saya dg
marketing support yg melayani domainpop. Katakanlah mereka memberi saya
uji coba untuk domainpop dg nama domain mp.abc.com yg mana domainnya
diletakkan di mail server mereka abc.co.id. Semua email ke domain
mp.abc.com akan diterima oleh server abc.co.id. Secara berkala
saya akan mendownload semua email tsb ke server lokal di sini
via koneksi dialup telkomnet.

Saya buat skrip .fetchmailrc sbb di komputer lokal, pura-puranya
sudah berhasil saya install postfix vanilla :-) dimana postfix ini akan
menerima email untuk domain lokal mp.abc.com atau singkatnya saya
menamakan server lokal ini mp.abc.com sehingga email yg menuju ke
domain mp.abc.com akan dianggap lokal oleh postfix.

poll abc.co.id protocol odmr port 366
   username [EMAIL PROTECTED] with password *****
   fetchdomains mp.abc.com

Skrip ini artinya fetchmail membuka koneksi dg protocol odmr (on demand
mail relay) pd port 336 dan setelah autentikasi akan mengambil semua
email pada domain mp.abc.com. Selanjutnya session akan turnaround shg
mail server abc.co.id akan 'memuntahkan' semua email pd domain mp.abc.com.

Coba lihat log di bawah ini saat fetchmail running :

$ fetchmail -v -f .fetchmailrc
5.9.0 querying abc.co.id (protocol ODMR) at Tue 24 Feb 2004 08:06:07
AM UTC
SMTP< 220 abc.co.id ESMTP MDaemon 7.0.0rc4; Tue, 24 Feb 2004 14:49:54
+0700
SMTP> EHLO mp.abc.com
SMTP< 250-abc.co.id Hello mp.abc.com, pleased to meet you
SMTP< 250-ETRN
SMTP< 250-AUTH=LOGIN
SMTP< 250-AUTH LOGIN CRAM-MD5
SMTP< 250-8BITMIME
SMTP< 250-STARTTLS
SMTP< 250-ATRN
SMTP< 250 SIZE 10000000
ODMR> AUTH CRAM-MD5
ODMR< 334
PE1EQUVNT04tRjIwMDQwMjI0MTQ0OS5BQTQ5NTcxNzFNRDAwMTJAZHV0YWludC5jby5pZD4=
ODMR> bXBAZHV0YWludC5jby5pZCAxNDdmZWFlNTcyNjM2ZWI0YjUxZWVjYjU2Yzg4Mjk5YQ==
SMTP< 235 Authentication successful
ODMR> ATRN mp.abc.com
ODMR< 250 <1> messages for domain <mp.abc.com> ready
Turnaround now...
ODMR> 220 server ESMTP
ODMR< EHLO abc.co.id
ODMR> 250-server
ODMR> 250-PIPELINING
ODMR> 250 8BITMIME
ODMR< MAIL From:<[EMAIL PROTECTED]>
ODMR> 250 ok
ODMR< RCPT To:<[EMAIL PROTECTED]>
ODMR> 250 ok
ODMR< DATA
ODMR> 354 go ahead
ODMR< Return-path: <[EMAIL PROTECTED]>
ODMR< Received: from Default ([61.5.108.28])
ODMR<        (authenticated user [EMAIL PROTECTED])
ODMR<        by abc.co.id (abc.com [203.130.x.x])
ODMR<        (MDaemon.PRO.v7.0.0rc4.R)
ODMR<        with ESMTP id 01-md50000013723.msg
ODMR<        for <[EMAIL PROTECTED]>; Tue, 24 Feb 2004 14:49:26 +0700
ODMR< Message-ID: <[EMAIL PROTECTED]>
ODMR< From: "Arief Yudhawarman" <[EMAIL PROTECTED]>
ODMR< To: <[EMAIL PROTECTED]>
ODMR< Subject: test odmr
ODMR< Date: Tue, 24 Feb 2004 14:53:40 +0700
ODMR< MIME-Version: 1.0
ODMR< Content-Type: text/plain;
ODMR<        charset="iso-8859-1"
ODMR< Content-Transfer-Encoding: 7bit
ODMR< X-Priority: 3
ODMR< X-MSMail-Priority: Normal
ODMR< X-Mailer: Microsoft Outlook Express 6.00.2600.0000
ODMR< X-MimeOLE: Produced By Microsoft MimeOLE V6.00.2600.0000
ODMR<
ODMR< test yudi.
ODMR<
ODMR<
ODMR<
ODMR< .
ODMR> 250 ok 1077609977 qp 6251
ODMR< QUIT
ODMR> 221 server
Polling abc.co.id
normal termination, status 0

Sampai disini tugas fetchmail selesai seperti yg diinginkan.
Jika account linux benar-benar terdapat pada server lokal
mp.abc.com maka email akan diteruskan jika tidak maka semua
email yg menuju ke non exist user akan direject di smtp level,
untuk itulah saya pilih postfix.

Permasalahannya sekarang adalah jika postfix mau mentransfer email
yg menuju ke domain non lokal maka postfix bisa dikonfigurasikan nothing,
(maksudnya email yg menuju misalnya yahoo.com langsung diantarkan ke
server mail.yahoo.com) atau (karena ini koneksinya pakai dialup modem
ke telkomnet instan) postfix dikonfigkan agar mau melemparkan email ke
mail relayer abc.co.id, namun syaratnya bisa lolos autentikasi.
Oleh karena itu pertanyaan saya menjadi spt di bawah ini:

> smtp_sasl_auth_enable = yes
> smtp_sasl_password_maps = hash:/etc/password
>
> /etc/password:
> relayer username:password

Jadi isinya nanti seperti ini ?
/etc/password: [EMAIL PROTECTED]:****
Lantas dimana saya meletakkan nama mail relayernya abc.co.id ?

> BTW, diskusi melantur dari ODMR ke ESMTP AUTH ya :-))

Benar, silakan Mas Adi membaca kasus saya di atas.

> Postfix tidak support ODMR (baik sebagai client/server).
> Demikian juga dengan exim, walaupun ada yang membuat program
> yang bisa dipakai untuk mengimplementasikan ODMR di exim
> (client saja).

Memang tidak, saya gunakan fetchmail sebagai agent untuk
mem-fetch/download email dr mail server yg support odmr.
Postfix sendiri tidak akan pernah menerima langsung email
dr domain non lokal krn tugas ini telah diambil oleh server
domainpop abc.co.id.

Saya rasa Mas Adi salah tanggap, mudah-mudahan dengan penjelasan
rinci yg saya berikan Mas Adi bisa mengerti permasalahannya.

TIA

~yudi