--- rianto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> maaf untuk para advance linux soalnya pertanyaan ini
> sangat dasar sekali
> maklum masih newbie
> yang saya bingungkan apa sih maksudnya Iso cd
> waktu di internet kok kalo download rata2 pake iso

CD program khan biasanya terdiri dari buanyaak file,
apalagi seperti GNU/Linux, isinya bukan hanya program
sistem operasi, tapi juga ratusan aplikasi yang bisa
berjalan di atasnya.  Nah, tidak terbayangkan
bagaimana cara mendownload di internet untuk suatu
distro tertentu.

Jadi file yang banyak-banyak tu dikemas jadi satu file
saja, dengan format ISO (apa istilah ini ada
hubungannya dengan standardisasi format?). Kalau
filenya cuma satu lebih mudah mendownloadnya.  File
ISO ini, lebih tepatnya ISO image, kayanya bukan
sekedar dikemas jadi satu, tapi juga berisi informasi
tentang di mana lokasi file-file tertentu nantinya
diletakkan kalau ISO image "dibongkar" lagi (CMIIW).
Misalnya, ada file yang harus terletak di boot sektor,
kalau sekedar copy biasa, bisa-bisa jatuhnya di lokasi
lain, dan nggak mau boot.

Waktu kita memindahkan file-file di dalam ISO image ke
dalam CD, tidak sekedar dicopy ke CD tapi di"bongkar",
jadi dikeluarkan dari file kemasannya dan file-file
tertentu diletakkan di lokasi yang tepat.

Tidak semua program bakar CD bisa "membongkar" ISO
image ke CD. Jadi, harus dilihat.  Pengalaman saya,
program bawaan laptop hanya bisa mengkopy ISO image
dari komputer ke CD, tetap dalam bentuk ISO image.
Kalau pake Nero, bilih ikon "Copy and Backup", lalu
"Burn image to disc", lalu tinggal ikuti selanjutnya.
Kata orang, waktu bakar, pilih kecepatan rendah saja,
misalnya 16x.

CMIIW, mudah-mudahan membantu.

Salam

Ery