On Fri, 24 Dec 2004 19:01:47 +0700, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalau di MS Windows, saya pakai Visio saja. ha ha ha.
> Bisa export ke EPSF (encapsulated postscript).

Sebetulnya nggak usah pusing-pusing koq.  utk save as pdf atau ps bisa manfaatin
pstool, atau pakai imagemagick (convert .....).    Pengalaman saya
hasil export espf
di MS kurang gitu bagus (dibuka aja filenya, dia cenderung nyimpen
dlaam bentuk non vector).   Kadang lebih bagus haslnya kalau di"print"
ke ffile, dg pasang driver printer postscript.

> Kalau di MacOS yang saya lakukan (dulu.... sekali)
> pilih printer yang PostScript kemudian di print ke file.
> Aplikasi apa-pun bisa dijadikan PostScript.

Sampai sekarang masih bisa, di Windows pun seperti itu.

> masukkan ke LaTeX, harus di"massage" dulu.
> Yang penting adalah bagian %%BoundingBox.
> Dulu saya ngedebugnya pakai NeWS-nya Solaris atau
> pakai Ghostscript.

Atau debug aja pakai mc langsung he he hetinggal satu baris dihilangkan koq.

> Nah kalau mau di Xwindow ... xfig nggak bagus,
> lebih bagus "tgif". Dia lebih ringan, dan lebih cepat.
> Hasil Postscriptnya pun lebih bersih.

Kalaui ini sih agak subjective dan tergantung kebiasaan (contoh utk
bikin bagan diagram enakan pakai texcad, atau dia ketimbang tgif atau
xfig).  Untuk bikin gambar dari representasi relasi enakan pakai
graphviz (dot).

> Bahkan filenya bisa diedit dengan tangan dan didebug
> dengan menggunakan ghostview!

File postscript yg bener (bukan data raster yg ditulis di file
postscript) bisa kita edit pakai text editor koq.

> Ketika membuat thesis, gambar-gambar saya buat dengan
> menggunakan tgif ini. Kemudian saya buat beberapa
> perl-script yang memproses file2 PS hasil tgif supaya
> lebih cocok dengan printer di kampus waktu itu.

Hm... seharusnya file postscript itu "device independent" tapi memang
kadang kadang si printer menggeser margin.  yang saya lakukan biasanya
bikin preamble postscript
yg dimasukkan ke berkas postscript "apa saja"

Jadi nggak perlu nggeser tiap berkas postscript, cukup hasil akhir.
Nah kita punya beberapa preamble utk printer postscript di Computing
Center, tinggal maskin di awal berkas latex kita aja....

Biasanya itu saya butuhkan utk nyetak poster di kertas A0, printer A0
kadang kadang nggesernya aneh dan nggak sama.

IMW

Kirim email ke