On Fri, 7 Jan 2005 12:55:13 +0100, Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> P2P tampaknya jadi salah satu masa depan model jaringan (bukan dg
> client.server, tapi dg publish/subscribe)

Model client/server saya rasa tetap akan ada. Pemilihan model
tergantung aplikasinya.
Untuk komunikasi wireless, ada sebuah model yang mendapat sambutan
yang luar biasa. Namanya network coding, yang ditujukan untuk aplikasi
multicast.

Saya sendiri sekarang sedang mengembangkan sebuah model lain untuk
komunikasi multicast, khususnya streaming. Saya beri nama MDTP
(Multicast Datagram Transfer Protocol). Sekarang sedang diusahakan
untuk membuat ujicobanya dengan membuat video broadcasting server
(routernya sudah jadi). Akan tetapi, server ini masih perlu didebug di
sana-sini. Rumit juga membuat concurrent server untuk broadcasting
karena harus mengurusi timing "anak-anak"-nya (pakai fork). VoD paling
gampang.

Kirim email ke