On 10/14/05, Ikhlasul Amal <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kemarin sore (WIB), saya berdiskusi dengan salah seorang teman yang
> sedang mengambil program doktoral di fakultas hukum (ini disebut
> supaya jelas bidang kajian dia) tentang pajak dan zakat. Menurut dia,
> di Indonesia pun pengurangan pajak atas dasar setoran zakat
> *dibolehkan*. Yang penting bukti setoran zakat tersebut ditunjukkan
> dan nantinya pembayaran pajak kita dikurangi setoran zakat tersebut.

Ooo,ini masih dalam batas pengurangan ya.
Bukan seperti di Malaysia yang memang dialihkan.

> Masih menurut dia: aturan ini memang belum ditulis dalam bentuk UU,
> namun disampaikan sendir oleh Dirjen Pajak yang juga sedang gencar
> menyisir NPWP sekarang ini.

sendir itu apa pak ?

Terus untuk pajak di Indonesia,apakah ada perhintungan seperti
"standard deduction" ?

> Dari diskusi saya kemarin, memang terasa banyak hal tentang perpajakan
> yang tidak dijelaskan dengan memadai ke masyarakat. Bagaimana jika ada
> yang melakukan persuasi agar mahasiswa/profesional perpajakan menulis
> blog? Menjelaskan banyak aturan tersebut dengan bahasa yang lebih
> mudah dimengerti.

Bukan blogs,tapi seharusnya ada persh yg bisa mengerjakan tax untuk
individual/retailer dan jelas apa yang diperbolehkan/apa yang
tidak,bahkan mereka bikin softwarenya untuk online/retailer..kalu di
luat seperti www.hrblock.com dan www.turbotax.com.

Terus terang saya jadi tahu  peraturan IRS(dirjen pajaknya us) dengan
detail setelah menggunakan software2 tsb :)