On Tue, Nov 22, 2005 at 03:05:44PM +0200, Mohammad DAMT wrote:
> 0. Tidak terima balasan berupa ide untuk mengganti bahasa pemrograman (C
> tambah tambah apalagi Erlangga *-P)

nyindir siapa hayoo :-))

untuk telco, kabarnya erlangga ini juga menjadi pendamping yang seimbang
untuk java. java kebanyakan dipasang di sisi 'frontend' dan interkoneksi
dengan billing (oracle dan sejenisnya). dibelakangnya erlangga dan C.

dulu saya ketemu orang yang bilang: kalau anda ndak ngerti java, anda
belum pantas berurusan dengan operator :-) background: padahal saya itu
datang untuk menawarkan jasa web development (mereka yang minta kita
presentasi sih), saya usul pakai php+smarty lebih asik dan bilang untuk
interkoneksi dengan *frontend* (wrapper) smsc pun bisa pakai php, karena
saya tahu ybs pakai http juga untuk keperluan ini.

kalau saya bilang saya bisa kirim sms ke gateway dia pakai shell script,
barangkali langsung dipanggilin satpam dan diusir :-))

btw, kebanyakan operator seluler di sini masih mendatangkan vendor dari
luar untuk banyak porsi yang sebenarnya bisa diselesaikan sendiri.
barangkali karena belum 'sadar' kalau bisa. ada bbrp yang sudah bisa
develope sendiri sih, dan ada juga yang sudah dioutsource ke perusahaan
lokal (sukurlah). tapi nafas bule minded-nya masih kental.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja

--
Ini signature saya. Pasang iklan anda di sini ... tarif menantang :-)

Kirim email ke