On 2/17/06, Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>  Dalam diskusi EYD ada 2 aliran yang memakai merubah dan mengubah (mirip
> dengan penerjemah atau penterjemah).   Mungkin yang menulis memiliki alirah
> merubah bukan mengubah. Di mailing list bahtera seingat saya ini sempat
> didiskusikan panjang.

Saya periksa di KBBI, memang ada bagian

rubah (2) -> ubah

tapi menurut saya, tolong deh, sebaiknya ikuti aturan bahwa kata dasar
untuk "mengubah", "perubahan", dst. adalah "ubah". Kesalahan yang
terjadi selama ini dengan "merubah" terlalu fatal untuk ditolerir dan
biasanya hanya permakluman untuk kemalasan kembali ke aturan yang
benar.

*) saya ikut Bahtera namun diskusi "ubah" dan "rubah" tidak tersimpan
di arsip Mutt saya dan pencarian untuk arsip Yahoogroups susah.

>  Saya kurang ingat pada kasus mana kesalahan di atas muncul. Tetapi
> penulisan Anda bisa menggunakan huruf besar, dan bisa menggunakan huruf
> kecil.  Tergantung pada posisi apa (sebagai panggilan atau tidak).  Di buku
> kesalahan EYD ada bab tentang ini.

Betul, tapi kelihatannya susah mencari penggunaan "anda" yang tidak
dipakai untuk "memanggil".

Menurut Pedoman Umum EYD, bagian "Pemakaian Huruf Kapital" (item no. 15):

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti "Anda".

(tidak ada penjelasan tambahan)

Menurut KBBI Edisi Ketiga:

Anda (pron) sapaan untuk orang yang diajak berbicara...

item "Anda" ditulis menggunakan huruf besar, sedangkan yang ditulis
dengan huruf kecil dalam "bentuk terikat" seperti "ayahanda",
"ibunda".

--
amal