Estananto wrote:

> Saya tertarik betul dengan pernyataan bahwa komunikasi
> di komputer adalah formalisasi komunikasi di dunia
> nyata. Nah. karena pola komunikasi di dunia nyata
> berbeda2 tergantung kultur, demografi, dll, mestinya
> ada arsitektur komunikasi berbeda antar daerah budaya
> dong? Lalu bagaimana bentuk antarmuka antara mereka?
> Pertanyaan lain: kalau tesis di atas valid, selama ini
> kita memakai standar Barat/US, tapi kita sesuaikan
> dengan kultur kita. Contohnya Friendster, kata pak
> Made. Tapi apa mungkin yang terjadi sebaliknya, yaitu
> kita membuat sistem komunikasi komputer yang spesifik
> [...]

Atau yang terjadi malah bisa sebaliknya, bahwa pada struktur formalnya,
komunikasi manusia itu sebenarnya sama saja (atau bisa di-reduksi ke
beberapa set formula) - bahwa budaya/kultur/demografi itu ternyata
hanya "syntactic sugar" ... ;-)

Dari sisi bisnisnya, banyak sekali aplikasi "social network" ini. Bagi
kita di indo.com, yang bergerak dalam bidang pariwisata melalui
Internet, kita tau kalau untuk travel di dunia nyata, rekomendasi dari
teman/keluarga mempunyai nilai yang sangat, sangat tinggi dalam
menentukan keputusan/pilihan bagi si orang yang akan travel. Mulai dari
mau travel ke mana, pake airline apa, tinggal di hotel mana, di tempat
tujuan ngapain aja, dsb. Kalau rekomendasinya tercantum dalam satu web
site, atau di-email sesuai dengan permintaan, saya bayangkan nilai
rekomendasinya akan jauh lebih tinggi kalau si pembaca menganggap yang
memberikan rekomendasi dianggap "trustworthy/credible/respectable". Dan
social network yang satu dengan yang lainnya juga mungkin punya
perbedaan tingkat kredibilitas dalam rekomendasi (bintang lima di ebay
vs bintang lima di amazon etc - mungkin ada bisnisnya juga jadi
arbiter/clearing house of trustworthiness...)

Kalau di Indonesia ada yang punya ide-ide menarik tentang social
network, dan perlu angel investor, let me know...

--Eka Ginting
  indo.com

Kirim email ke