[EMAIL PROTECTED] wrote:
> Maksud saya arbiter/clearing house, yang independen dari pasarnya,
> bukan record di pasar yang bersangkutan saja. Ibaratnya ebay itu satu
> pasar/ekonomi, amazon satu pasar/ekonomi. Kalo saya bintang lima di
> ebay, tapi belum pernah transaksi di amazon, kan idealnya saya gak
> mulai dari nol. Seperti kartu kredit, begitu saya punya dari satu bank,
> dengan rating tertentu (e.g. limit USD X), kalo saya apply kartu kredit
> lain, gak dianggap start dari nol.

Coba dilakukan dari dua pendekatan.

Masalah pertama : Untuk itukan butuh data base terpusat.
Kartu Kredit bisa punya transfer seperti itu karena di tiap negara
punya masing masing unique ID ( seperti SSN di AS) jadi bank gampang
saja ambil data credit rating anda dari beberapa agency yang ditunjuk.
Masalahnya di Internet ini kan tidak ada unique identifier yang applied
untuk semua negara.

Kedua, masalah ini bisa diselesaikan JIKA (dan JIKA) ada kerjasama atau
partnership diantara online seller seperti Ebay,Yahoo dan Amazon. Akan
tetapi, untuk punya satu "exchange" yang independen sulit rasanya.
Pikir saja: income mereka datang dari mana ?

Selain itu biasanya, online seller hanya konsentrasi di satu market
saja.

-mcp

Kirim email ke