wah mau jawab pertanyaan ajie yg pertama kerepotan ntar kena semprit kartu kuning lagi ama wasit2 'anti top posting squad'.. :D (btw, ini masuk top posting gak sih..?)

komentar umum saya:
1. mahasiswa china/india yg ke luar negeri kalo gak salah masing2 60.000 (enampuluh ribu) dan 30.000 (tiga puluh ribu) per-tahun. india katanya miskin, lha kok? faktanya adalah: kelompok middle-class (=pengusaha/wiraswasta/profesional) india sekitar 30% yg berarti sekitar 300-an juta. kalangan ini cukup banyak krn PNS hunter umumnya kalangan bawah. yg atas lebih demen jadi pengusaha/wiraswasta/profesional. mereka2 ini ya tentu saja sangat mampu unt. sekedar biayain anak2nya ke LN. selain itu, unt. kalangan tak mampu mrk belajar keras (keras dlm standar pelajar india = sangat mati2an dlm standar kita) unt. dapat beasiswa ke LN. spt pernah saya tulis di sini "Dinamika ABG INDIA" etos belajar mrk sedemikian tingginya sampe gak ada waktu buat pacaran.

2. hidup avonturir di LN, ke negara yg lebih makmur atau kadang malah lebih miskin, kayaknya udah jadi 'hobi' org India dan cina. di kita bila udah mapan, tak akan ke LN. Umumnya hanya unskilful worker yg betul2 gak bisa hidup di DN jadi pergi ke LN.

dalam reportase BBC soal india beb. tahun lalu, banyak kalangan profesional (dokter, dll) dg penghasilan sangat cukup masih ingin bermigrasi ke LN (canada, usa, uk,dll). alasannya: agar masa depan anak2nya lebih baik lagi kelak.

saya pernah baca tulisan kolumnis Rusia Vladimir Radyuhin di the Guardian Inggris yg mengeluhkan dan memprediksi bahwa bagian selatan Rusia yg berbatasan dg Cina sebentar lagi bakal jadi bagian cina krn. banyaknya orang cina dg segala dagangan pernik2nya.

3. soal kehabisan/kelebihan stok dosen: bila expertise dosen itu diukur dari seberapa banyak yg bergelar S3 (phd, DR), maka jelas kita kekurangan. karena kuliah s2 s3 di indonesia sangat dipersulit baik oleh sistem (4 tahun s2, dan 4 thn [?] s3) plus biaya selangit. bandingkan dg negara2 lain. sehingga daerah merasa kesulitan banget buat program pascasarjana, krn. dosen2nya pada s1 ato cuma s2. akhirnya terjadi fenomena 'dosen terbang' airlines itu yg dampak buruknya bagi sang dosen adalah tak pernah/jarang nulis buku.

sekian dulu,

On 4/27/06, m.c. ptrwn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Made Wiryana wrote:

> Apa yang salah ? Kalau dg usaha salon dia bisa memodali hobby-nya dalam
> bidang computer science.  Misal malah bikin program dan scanner 3 dimensi
> beserta virtual reality utk salon kekekeke

ya komputernya stop pak, pokus di bisnis salon saja :)) he he he ..

carlos

--
Fatih
http://afsyuhud.blogspot.com