On 5/15/06, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 5/15/06, Monang Setyawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya rasa kalo cuma menghitung jumlah baris saja tidak akan memberikan
> apa-apa pak :)
>
> Semoga link-link berikut bisa membantu (khusus OO) :
> http://www.objectmentor.com/resources/articles/oodmetrc.pdf
> http://www-128.ibm.com/developerworks/java/library/j-cq04256/index.html
>
> Atau, coba google pakai keyword "code metric" atau "code quality".

ehm... codenya pakai ... (jangan ketawa): Cobol!

Artikel2 tersebut juga tidak membahas berapa kemampuan orang
dalam membahas/mereview source code. :(

-- budi

Saya sudah lama tidak lihat cobol, heheheh.
Kalau LOC ini yang mau dijadikan pertimbangan, rasanya sulit untuk
mendapatkan angka pastinya. Analisa dari proses program mungkin hanya
terjadi di PROCEDURE DIVISION untuk menemukan bug atau yang lainnya.
Rasanya programmer yang baik pasti sanggup mereview 500 sampai 1000
baris kode program di divisi ini. Hanya saja kode di sini tentu akan
terkait dengan kode di DATA DIVISION.

Nah, kalau programmernya sanggup review 1000 baris di PROCEDURE
DIVISION lalu ada "tambahan" 2500 baris di DATA DIVISION, working
storage section, hasilnya si programmer bisa review 3500 baris code.

Belum lagi kalau ada tetek bengek di IDENTIFICATION DIVISION kira-kira
200 baris (disclaimer?). Apakah yang di IDENTIFICATION bisa dihitung?
Karena hasilnya jadi sekitar 3700 baris, hehehhe

Ini cuman hitungan ringan saja, pak Budi. Tapi dengar-dengar fee untuk
review COBOL lumayan ya? :)

--
http://regeks.blogspot.com/

Kirim email ke