Pertama-tama terima kasih kepada yang sudah membalas email
karena sekarang sudah lebih banyak hint informasinya.

On 5/17/06, Mohammad DAMT <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hitung2an LOC sepertinya kurang begitu afdol. Pertama-tama perlu
> didiskusikan dulu definisi LOCnya bagaimana, apakah cukup `wc -l` saja
> atau pisahkan mana whitespace, mana komentar, mana yang di \"#ifdef 0\".
> Kalau ada 2 juta baris tapi 1 jutanya isinya novel Sitti Noerbaja ya
> bisa mempengaruhi proposal penawaran *-)

Memang pekerjaan ini tidak berbasis kepada LOC.
Saya hanya mencoba melakukan perhitungan kasar saja.
Tentu saja di dalam kode ada komentar (bahkan kalau tidak ada
komentar malah agak aneh).

Bulan lalu kami (saya dan team) mengumpulkan beberapa cara untuk
melakukan penilaian (valuasi) terhadap sebuah software.
Jadi dari sisi sebaliknya.
Kalau saya memberikan (outsource) pekerjaan kepada sebuah
tim/perusahaan, berapa biaya yang layak dari sebuah software?
Kalau saya perkirakan jumlah barisnya 1 juta, maka berapa
waktu yang dibutuhkan dan berapa biaya yang layak.
(kalau salah ... masuk bui!)

> Ssst, tapi ini antara kita saja ya, saya baru saja mengorder sebuah
> reviu kode ke sebuah perusahaan

thanks ... got the idea!
ada angka-angka yang bisa dijadikan patokan.
tengkyu.

-- budi

http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html