Pada hari Selasa, tanggal 16/05/2006 pukul 20:00 +0700, Budi Rahardjo
menulis:
> Lagi-lagi ini masih belum mejawab pertanyaan saya:
>    butuh berapa lama?
>
> Terserah mau di-flow-chart-kan atau dengan cara lain.
> Yang saya tuju adalah perkiraan berapa lamanya.
>
> Misalnya saya tanya ke Fajri, untuk melakukan review sebuah
> paket dengan 2 juta lines of code membutuhkan waktu berapa lama?

Hitung2an LOC sepertinya kurang begitu afdol. Pertama-tama perlu
didiskusikan dulu definisi LOCnya bagaimana, apakah cukup `wc -l` saja
atau pisahkan mana whitespace, mana komentar, mana yang di \"#ifdef 0\".
Kalau ada 2 juta baris tapi 1 jutanya isinya novel Sitti Noerbaja ya
bisa mempengaruhi proposal penawaran *-)

Ssst, tapi ini antara kita saja ya, saya baru saja mengorder sebuah
reviu kode ke sebuah perusahaan hacker di London (ya London, bukan
India, karena pengalaman reviu kode sebelumnya order ke Kopro atau
Combro atau Misro atau apalah itu namanya (sebenernya rahasia *-) di
India sangat tidak memuaskan, maaf bagi para pendukung FC India *-).
Jumlah `wc -l`-nya sedikit, nggak sampai 50 ribu. Kurang dari dua minggu
saya sudah dapatkan hasilnya, komplet:

* Analisis desain dan arsitektur paket. Mana yang sebaiknya ditingkatkan
mana yang perlu dihilangkan, dsb.
* Analisis performa. Mana kode yang algoritmanya sebaiknya diganti, dsb.
* Laporan kesalahan kode. Mana kode yang masih menggunakan fungsi2
\'deprecated\', mana yang tidak sesuai dengan petunjuk pemrograman yang
sudah disepakati, dsb.

Semuanya disertai pembahasan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang dijumpai. Oh iya, kode saya itu dalam C, bukan
COBOL.

http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html