On 5/31/06, risiyanto budi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Nukman Luthfie wrote:

> Pengunjung reguler itu tdk harus tiap hari spt portal berita. Sebulan
> sekali juga reguler. Untuk penjual software misalnya, pengunjung
> reguler perlu untuk mengupdate patch. Kunjungan reguler amat penting
> untuk menjaga hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Ini
> sebuah sisi non teknis yang sering diabaikan oleh penjual software.

Tempat saya bekerja adalah komputer online store.
Setelah seseorang melihat website kami, kemudian menghubungi lewat
telepon, transaksi, dan senang, di kemudian hari ketika dia butuh
sesuatu, dia langsung menghubungi lewat telepon.
Banyak pelanggan yang modelnya seperti itu, mungkin karena internet
disini masih mahal kali ya.
Dan kalau lokasi mereka jauh dari "offline store", mereka kami beri no
handphone yang kami pasang di server sms2mail gateway. Dari sms-sms yang
masuk, -kebetulan saya bisa memantaunya- banyak yang hanya menanyakan:
"device dengan spec blablabla ada ngga?, harganya berapa?"

NL:
Untuk barang2 yang sifatnya price sensitive, itulah yang terjadi. Pembeli akan mengejar harga termurah. Di luar Indonesia, user tinggal membanding2kan harga dari banyak online store, terus memilih yang terbaik (termurah). Di Indonesia, belum banyak pilihan online store. Jadi behaviornya ya spt tadi: cek harga via online, habis itu tawar via telp. Coba saja kalau banyak pilihan, kemungkinan besar behaviornya berubah.

Berinteraksi dengan manusia lebih menyenangkan daripada berinteraksi
dengan mesin (web server).

NL: Menyenangkan kalau manusianya bisa menjawab dengan baik dan sesuai kebutuhan user. Oleh karena itu membuat web juga harus diusahakan agar bisa menyenangkan. Pada level tertentu, web lebih menyenangkan ketimbang manusia. Contohnya, mencari dan membandingkan harga di web bisa seenak udel. Kalau nanya ke customer service bisa saja ditanggapi dengan marah karena kita nanya banyak tapi nggak beli.

Dan bukankah _online_ hanyalah kepanjangan (extension) dari _offline_?
Jadi kalau sudah bisa terhubung offline(telp, sms), hubungan
online(email, www) menjadi nomor dua. Yah ini kondisi di tempat kami, di
tempat lain mungkin berbeda.

---
Aris

Kalau basisnya offline, sudah punya toko duluan, online memang dianggap ekstension. Kalau basisnya murni online spt amazon, ya hubungan online menjadi prioritas utama.
Tiap bisnis memang punya keunikan sendiri, tinggal bagaimana pintar2 me"embrace" Internet. (maaf saya belum ketemu terjemahan yang tepat utk embrace)

--
Nukman Luthfie

http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html