Iya deh, asalkan untuk kebaikan dan keharmonisan rumah tangga serta mampu
mengantarkan sebuah keluarga untuk berbahagia di dunia dan akhirat, bukan
hanya berkumpul di dunia ini saja, tetapi untuk berkumpul kembali di
syurga Nya nanti... saya setuju. 8-)

Salam,

Donnie <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
09/07/2006 11:22 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] Re: Fw: [Lautan-Quran] Kesetaraan Jender yang
Kebablasan

Pak Wida, Mintzberg mengenalkan beberapa model tentang organisasi dan
kepemimpinan.  ada model simplistik, model birokrasi mesin, model
birokrasi profesional, model divisional dan model adhokrasi.
Nah yang menarik adalah, model yang simplisistik atau birokratis hanya
bisa adaptif dalam lingkungan yang stagnan, tidak berubah, status quo.
 Dalam lingkungan yang berubah cepat, turbulen seperti saat ini, model
dan gaya kepemimpinan seperti itu gak bisa beradaptasi dengan
perubahan lingkungan,  Itu makanya pemerintah keliatan terengah-engah
beradaptasi dengan lingkungan yang berubah cepat.

Dia bilang  model yang cocok adalah model adhokrasi mungkin seperti
model jaringan, dimana pemimpin bukan directing tetapi sebagai
penyelaras, setiap unit/komponen dalam punya keleluasaan dan
kewenangan, dengan tetap berkoordinasi dengan unit lain melalui
pemimpin.  Mungkin analognya bukan joki kuda tapi adalah konduktor
orkestra, yang berfungsi agar bunyi yang keluar dari alat musik itu
bisa selaras dan menimbulkan harmoni, tanpa menghilangkan ruang untuk
improvisasi.  Model ini yang cocok untuk situasi yang kompleks, bukan
seperti pacuan kuda yang jalurnya jelas, dan keputusan yang dibuat
juga tidak kompleks.

Kalau ada yang lebih tahu teori Mintzberg lebih lebih baik, atau teori
yang lain, silahkan berbagi...

regards,
Donnie

http://us.click.yahoo.com/zAINmC/Vp3LAA/i1hLAA/aYWolB/TM