Oooooh, kalau gitu contoh sejarah itu mungkin cocok dengan situasi
khusus yang saya katakan "Dalam situasi khusus, kita tahu apa yang
harus kita lakukan, sekalipun itu melibatkan spekulasi tinggi.
Manejemen resiko".

Cut Nyak Dien kan lebih memilih mati sakit-sakitan di hutan
ketimbang menyerah atau berkolaborasi dengan Belanda.  Demikian juga
Nyi Serang. Kartini memilih level perjuangan intelektual ketimbang
fisik, mungkin sesuai dengan situasinya sendiri.

Dan bagaimana dengan (simbol) jilbab?  Apakah situasi sekarang yang
demokratis ini merupakan situasi khusus?

Diskusi dengan mba Chae, mulanya kan tentang pilihan jilbab di masa
sekarang ini. Dimana perempuan suka dilema di antara jilbab dan
pekerjaan. Dan konteks diskusi kita adalah situasi umum manajemen
resiko masing-masing, bagaimana kita baca situasi sekarang ini.

Tapi dalam pikiran mba Nawiro adalah tampilan figur sejarah dimana
ada situasi khusus, misalnya saja - jilbab sebagai simbol perjuangan
melawan kolonialis penjajah, ini misalnya loh. Nyawa adalah
taruhannya.

Di sinilah kemampuan kontekstual kita dituntut, yang meminta
renungan mendalam dan kedewasaan dalam menganalisa inti sejarah, dan
nggak menurutkan hawa nafsu asal menang.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, irwank <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> "...
> dien dengan dibunuh, mereka lebih memilih dibunuh. Kalo sekarang
> sih...keliatannya lebih milih uang ya....he..he..he
> .."
>
> Pilihannya:
> - Melalaikan perintah dien
> - Dibunuh
>
> Mereka (muslimah) memilih tetap menjalankan perintah dien yang
artinya
> (rela) dibunuh.. Hanya tetap saja Mbak Nawiro harus memberikan
contoh/
> sejarah yang menerangkan soal ini.. fakta - bukan kisah fiktif..
Gimana?

> CMIIW..
>
> Wassalam,
>
> Irwan.K