Assalamu'alaikum wr. wb.

Mas Wikan,

Murtad itu karena aqidah seseorang melenceng dari garis2 Islam. Dan itu
bisa dinyatakan oleh Kelompok Ulama Isam Negeri, seorang Imam Negeri
atau Khalifah kepada seseorang yang membahayakan Islam. Jadi murtad
bukan berarti dia keluar dari Islam masuk agama Kristen misalnya,
meskipun itu juga namanya murtadt.

Maaf mungkin terburu2 menulis menyebut Majelis Ulama, tetapi semacam
Mahkamah Agama Mesir, jelas mereka berkuasa memurtadkan Mukmin yang
merusak aqidah Islam, kecuali mau bertaubat. Karena melenceng dari Al
Qur'an dan As Sunnah, agar masyarakat Muslim berhati2 kepada yang
bersangkutan.

Naser Abu Zayd itu seorang ulama cerdas, saking cerdasnya, dia
terpengaruh
( dimanfaatkan )  Syaitan. ( Sama kan dengan Indonesia banyak
orang2 cerdas kebablasan seperti Nasr Abu Zayd ). Dan tulisan2nya
banyak meresahkan umat Islam, sehingga ketika dia ingin
dinobatkan  sebagai Guru Besar, disitulah Ulama bertindak. Dan
Universitas Al Azhar menolak pengangkatan beliau. Pada waktu kedatangan
beliau mengadakan Seminar di Riau dan Malang ( kalau tidak salah ) pun
- ditolak mentah2 masyarakat Islam karena membahayakan aqidah Islam.

salam, Ismail