  From: Dwi Soegardi
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, May 09, 2009 10:57 PM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Karena Paham Liberal, Minat Studi Islam di
IAIN Menurun

  ah mas Wikan, jangan naif dong ... :)

  sudah biasa dan tradisi di kalangan muslim sendiri
  "memurtadkan," "mengafirkan," "menganggap sesat"
  orang-orang yang juga mengaku muslim.
  Makanya ada sunni, syiah, khawarij, dll
  Ada Wali Songo, ada Syeh Siti Jenar.
  Ada MUI, ada LDII, ada Ahmadiyah, .....
  Lha wong HT bilang demokrasi itu kafir, ikut pemilu itu perbuatan kufur.

  Mungkin surga yang dijanjikan seluas langit dan bumi itu
  masih terasa sempit bagi kalangan muslim eksklusif ini.

  2009/5/9 Wikan Danar Sunindyo <wikan.da...@gmail.com>:
  > wa'alaikumussalam wr wb
  > membaca tulisan mas istiaji ini saya jadi bertanya2, Majelis Ulama
  > Mesir agamanya apa ya? Kok bisa memurtadkan Abu Zayd. Padahal biasanya
  > yang memurtadkan (mengeluarkan dari agama Islam) itu orang2 yang
  > beragama non Islam. Misal Pastur/pendeta ini memurtadkan seorang
  > muslim, dsb-nya. Kalau benar Majelis Ulama Mesir memurtadkan seorang
  > muslim, bahaya juga tuh. Lembaga yang harusnya menjaga keimanan
> [...]
Qur'an.