Assalamu'alaikum wr. wb.

Pemurtadtan oleh Ulama itu dapat diartikan  betuk Fatwa,
Sebagaimana MUI menerbitkan fatwa. Yaitu sebagai peringatan pada umat
agar berhati2 karena Nazr Abu Zayd itu sudah melampaui batas dan
berbahaya, namun para generasi Islam yang rendah ilmunya sempat tergiur
lugu ..duniawi ...

Sehingga pemurtadan yang mutlak ada di tangan Yang Maha Kuasa, Nabi
saja diperintah untuk memberikan peringatan dan kabar gembira,
sebagaimana isi Al Qur'an semuanya itu.

Memang tidak ada paksaan dalam Islam ( ada ayat Al Qur'an mengenai itu
), sehingga sebagai contoh Fatwa2 MUI yang diributkan itu sebenarnya
sia2, semua tergantung keimanan seseorang. Semua fatwa itu nasihat dari
Ulama2 yang sudah terpilih memberikan nasihat, apabila satu dua kasus
perlu ditegaskan dalam garis2 syari'ahnya. Karena tidak ada sanksinya
kan. MUI tidak punya otoritas memberikan sanksi. Yang akan memberi
sanksi hanya Allah swt. Yang menciptakan kita, yang memelihara kita,
yang mematikan kita dan yang wajib diikuti hukum2 / aturan2-Nya. ( Al
Qur'an dan Al Hikmah )

Agar maklum

salam, Ismail