----- Original Message -----
From: "Dwi Soegardi" <soega...@gmail.com>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Monday, March 15, 2010 11:36
Subject: Re: [wanita-muslimah] Hadits ttg Kencing Unta Sebagai Obat

data sekunder apa dalam kisah Cousteau ini? Data primernya apa?
kayaknya sih cuma "hearsay"
rumor yang ngga ada buktinya.

Coba Abah baca ini
http://www.muslimtents.com/aminahsworld/Hadiths_of_the_fly.html
tentang dua hal lalat dan kencing unta,
tapi masih mending ada beberapa referensi yang bisa dilacak,
tinggal siapa mau melacaknya untuk mencari kebenaran,
bukan sekedar menurunkan tulisan tapi berlepas tangan perkara itu hoax atau
beneran.

Setelah googling "ambaza mouski," "amofterali" semua tidak ada hasil,
saya google nama orang ini Dr Muhammad el-Samahy
"Dr. Muhammad M. el Samahy (Universitas Al Azhar, Mesir) telah menulis
sebuah artikel yang menceritakan bahwa para pakar mikrobiologi telah
menemukan adanya sel-sel dengan posisi membujur yang hidup sebagai parasit
di perut lalat. Ketika lalat dicelupkan seluruhnya ke dalam air, terjadi
perubahan tekanan osmosis yang menyebabkan sel pecah."
##############################################################
HMNA:
Inilah yang saya maksud dengan data sekunder, sedangkan data primer adalah
di mana Dr. Muhammad M. el Samahy mengambilnya refernsi Dan dari publikasi
umum itu (yang bukan jurnal ilmiyah) biasanya para penulisnya tidak
menyebutkan referensi. Itu penulis Gurita Cikeas referensinya adalah data
sekunder, yaitu dari publikasi umum. Begitu pula dengan kasus Cousteau saya
mengambilnya dari data sekunder, yaitu dari publikasi umum yang tidak
menuliskan refernsi .
##############################################################

Tadinya saya berharap dia pakar mikrobiologi kondang yang bisa diandalkan,
ternyata Ketua Jurusan Ilmu Hadis univ Al-Azhar .....
Tapi minimal hasil googling dapat artikel dari muslimtents.com itu.
Ada istilah "musca domestica" (lalat rumah), tampaknya dekat2 dengan mouski
(di ambaza mouski).
Kecurigaan saya artikel yang dikutip Abah tampaknya diambil dari tulisan
bahasa Arab,
sehingga "mouski" yang tampaknya berarti lalat, ditulis sedemikian rupa.

Beberapa tahun lalu ada yang rajin menerjemahkan artikel bahasa Arab,
salah satunya tentang universitas di Jepang. Ditulis "Shuwa University,"
yang tidak pernah saya dengar sebelumnya.
Saya coba menerka-nerka apakah sebenarnya "Showa Univ"? Tapi kok beda dengan
yang dimaksud di artikel.
Untunglah ada seorang Jepang yang fasih berbahasa Indonesia,
yang memberitahu bahwa tampaknya itu "Chuo Univ" ..... Waduh jauh sekali
ejaannya :-(
Barangkali "chuo" (jepang) --> diarabkan jadi "syin wawu" kemudian
diindonesiakan jadi "syuwa"  ....
Karena itu kalau Abah ambil istilah itu dari artikel bahasa Arab, harap
berhati-hati.
Kalau ngga salah "mikrab" itu juga tidak familier, karena kita biasanya
mengenalnya dengan "mikroba."
nah kira-kira "ambaza" itu bisa dikembalikan ke istilah awalnya ngga?

Satu hal lagi dari artikel muslimtents.com itu bagian akhirnya:
"Despite the abundance of supporting evidence for the authenticity of these
medicinal narrations (camel and fly) on the one hand and for their
scientific viability on the other, certain voices continue to reject them on
both counts. Principle skepticism of authentically transmitted narrations
that pertain to facts demonstrated by ancient and modern science, or whose
scientific worth is just now coming into view, is the wont of stagnant minds
and diseased hearts for which there is no cure save the mercy of our Lord."

Menarik, sesuai dengan sinyalemen Miftahulzaman, ada pihak-pihak yang tidak
suka kalau kencing unta dan lalat menjadi bukti kebenaran!
Tapi herannya penelitian2 yang dikutip di artikel itu, misal dari Colorado
State U, U Pittsburgh, U Calgary, ....
bukannya dari Unhas, Al-Azhar, atau U Tehran .... :-(

salam,
=Dwi

2010/3/13 H. M. Nur Abdurahman <mnur.abdurrah...@yahoo.co.id>

> [...]

Kirim email ke