NPL - non performing loan, alias kredit matjet seperti yang kemarin
dibicarakan.

melihat kenyataan di lapangan kalau kredit macet bank syariah justru lebih
buruk dibandingkan bank konvensional, ini menandakan dua hal :

- pekerja bank syariah (analis kredit) kena tipu pengusaha bermasalah,
mereka memberikan alokasi kredit pada usaha yang tidak maknyuss punya -
kurang prudent gitu deh
- setahu saya, banyak bank syariah yang sistemnya, cabang cabang sebagai
penyedot uang dari masyarakat, sementara bagian menggelontor kredit terutama
adalah pusat di jakarta.  saya khawatir ini seperti modelnya jaan orde baru
di mana konglomerat rame rame mendirakan bank untuk jadi cash cow buat
mendanai petualangan perusahaan dalam bisnis yang meragukan kepada anak
perusahaan atau afiliasinya (bisa jadi afiliasi dari boss boss yg dekat
dengan klan tertentu).  ada kesalahan alokasi secara sistematis dalam jenis
usaha dimana bank syariah meletakkan basket telur telurnya.

dari sisi itu, saya heran lagi lagi, kenapa mas yadi menyarankan kebijakan
ekonomi ala keyness yang sifatnya menggelontorkan dana besar bensaran untuk
public works dan sarana prasarana umum.  soalnya bisa jadi kayak urusan dana
IDT yang ruwet dan gak jelas kemana larinya dijaman mau lengsernya boss
harto atau dana pengentasan kemiskinan yang digelontorkan salah satu menteri
jebolan icmi (adi sasono) yang ditendensikan ada kaitannya dalam rencana dia
mencalonkan diri jadi RI 1 - itu duit yang digelontorkan juga ndak jelas
muternya hehehe ....

salam,
Ari

2010/4/9 Poltak Hotradero <hotrad...@gmail.com>

> At 04:10 PM 4/9/2010, you wrote:
>
> Kebijakan pro yang seperti apa?
>
> Walaupun asset-nya relatif kecil - tetapi NPL
> Islamic Banking Indonesia tahun lalu melonjak
> tajam - melebihi perbankan konvensional. Sempat
> menyentuh 5,72% pada September tahun lalu - dan
> saat ini berada pada level 4%. Bandingkan dengan
> perbankan konvensional yang puncak NPL-nya pada
> tahun lalu hanya 5,13% dan saat ini berada pada level 3%.
>
> Bila masalah ini tidak dicermati - maka segala
> bentuk "kebijakan" pengembangan bank syariah -
> akan berpotensi mendorong peningkatan NPL - yang
> [...]

Millis AKI mendukung kampanye "Stop Smoking"
Alamat penting terkait millis AKI
Blog resmi AKI: www.ahlikeuangan-indonesia.com
Facebook AKI: http://www.facebook.com/group.php?gid=6247303045
Arsip Milis AKI online: