ohya mbak erwinda, satu lagi (tapi banyak penjelasannya)

tingkat demam tidak merefleksikan parahnya suatu penyakit.. artinya gini...
walaupun demam sampai 41 derajat, bukan berarti penyakitnya sudah gaswat
darurat... karena pola demam sendiri, memang akan mencapai titik tertinggi
sebelum akhirnya turun...

metabolisme tubuh manusia sudah luar biasa diciptakan sama Tuhan, jadi
jangan salah kaprah dengan dikit2 nyerahin anak kita ke dokter... virus akan
cepat mati pada suhu yg panas... jadi gak masalah dong kalau anak demam...

yg masalah adalah kalau demam tidak diobservasi dan dijaga dengan baik.
komplikasi dari demam adalah:
1. dehiudrasi: untuk menghindari, kasi asupan cairan yg banyak
2. kejang demam: untuk menghindari adalah jangan sampai demam meningkat
terlalu tinggi dalam waktu yg singkat, caranya adalah dengan antisipasi
pemberian parasetamol (SAJA!!) dan bisa dibantu dengan berendam air yg
sangat hangat selama 5-10 menit. Dan kalau memang ada sudah ada riwayat
kejang demam (apalgi faktor turunan), selalu sedia stesolid di kulkas...
beri saat anak kejang. Kejang demam memang mengerikan, TAPI TIDAK BERBAHAYA.

kembali lagi... demam yg tinggi bukan berarti penyakit parah... dan
sebaliknya, demam rendah bukan berarti penyakit ringan... kuncinya adalah
pada behavior anak... seringkali kita liat anak2 masih lumayan (walaupun
nafsu makan turun) padahal demamnya tinggi... kalau sudha begini, ya belum
perlu dibawa ke dokter
sebaliknya... ada yg sumeng (demam rendah) tapi terlihat lemas sekali, ini
yg patut diwaspadai... karena bisa jadi kena demam dengue atau penyakit lain
yg memang berat...

ok sekian dulu... tunggu wangsit lagi

--
Boedoet