From: Gopina Goham <alfin.b...@gmail.com>
Subject: Re: [balita-anda] Triaminic + obat panas??
To: balita-anda@balita-anda.com
Date: Thursday, October 22, 2009, 3:19 AM

halo mbak winda,

kalau boleh tahu, haikal usia berapa ya sekarang?

sebenernya siy yang sering dilupakan pada saat anak demam adalah
(ngulang dikit dari point pak boedoet):
- panas tinggi tidak berarti penyakitnya gawat

- panas tinggi tidak semata2 disebabkan oleh infeksi bakteri.
seandainya infeksi bakteri pun, itu jalan menuju pemberian ABnya
panjang lho.
pertama, perlu dicek bakterinya apa.
kedua, bakteri ini matinya sama AB apa. jangan sampai kita ngasih bom
atom buat ngebunuh tikus. mungkin mbak winda bisa share juga, yang
dikasih AB apa ya. jangan2 cefat lagi :( itu istilahnya bom atom,
karena dia AB spektrum luas (semua bakteri mati, tanpa pandang bulu)

- pemberian cairan u/ mencegah dehidrasi

- langkah2 penurunan demam sebelum menggunakan parasetamol --> misal
berencam di air hangat, kompres air hangat, banyak minum, pakai baju
yang tipis dan nyaman

Kemudian u/ masalah puyer, nanti ada sesi terpisah deh. soale ada
buanyaaaaaaaaaaaaaak banged cerita di balik puyer, hehehe..

sebenarnya dengan punya dokter yang komunikatif, dah bisa jadi bekal
u/ bisa diskusi yang sehat, lho mbak. diskusi soal penanganan yang
tepat, sesuai dengan guideline yang ada, gak serta merta.