Mbak Mercy,

Lihat deh pengalaman Pak Rahman, kelihatannya memang harus pelan-pelan,
tapi jangan coba-coba bohongin anak, karena mereka pasti akan tahu dan
merasa dibohongin.

Saya maupun suami tidak pernah pergi kerja dengan ditangisi oleh ke-2 putra
kami, karena kami selalu pamit baik-baik dan libatkan mereka untuk antar
kami berangkat kerja (minimal sampai gerbang komplek - karena tidak terlalu
jauh jaraknya), semenjak mereka masih bayi (sekarang Diaz 22 bulan dan
Regan 5 bulan), mereka selalu kami bawa bersama pengasuhnya untuk antar
kami berangkat kerja.

Dan satu hal lagi, orang tua kadang tidak tega untuk membangunkan anak-anak
mereka bila mereka masih tidur sewaktu kita berangkat, tapi kami selalu
membiasakan mereka sudah bangun sewaktu kami berangkat (jadi kami bangunkan
mereka paling telat pukul 06.15 bila mereka masih tidur) dengan mengatakan
(misalnya) : Hayo bangun sudah siang Mama akan berangkat kerja, kakak dan
adek harus antar Mama, walau kadang si kakak masih malas, tapi pasti
akhirnya bangun juga.

Waduh panjang ya Mbak Mercy, tapi itulah kiat kami. Semoga bisa dijadikan
masukan.

Salam,
Erien