Lho Mas Agus kalau sebagai saksi Ahli yang meminta oleh salah satu Kuasa Hukum yang lagi berperkara opo tidak ada unsur subyektifitasnya , Mungkinkah juga Kuasa hukum dari pihak yang satunya nanti akan mendatangkan geologist lain. Kenapa kok tidak pengadilannya saja ya mendatangkan saksi Ahli nya .sebagai pertimbangan untuk memutuskan perkaranya.... maaf aku gak ngerti seluk beluk pengadilan......

ISM

----- Original Message ----- From: "Agus Hendratno" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Tuesday, February 20, 2007 12:21 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Mendorong komunitas Pecinta Alam Jatim sebagai pembelajar kebencanaan

Yth. IAGI-net

Acara yang kami maksud ini adalah : Sarasehan Pecinta alam Jawa Timur dengan Topik : Partisipasi Kelompok Pecinta alam dalam Mitigasi dan Tanggap Darurat Bencana Alam.
pelaksanaan : 23-25 Februari 2007
tempat : kampung Ngancar dan sekitarnya, lereng timur laut g.lawu, magetan
sarasehannya dilaksanakan di pendopo kecamatan ngancar, Magetan.
panitianya : Pecinta alam Bhiraswapa Univ.Merdeka Madiun dan gabungan PA Jatim (termasuk AMC Malang).
Turut hadir dan mendukung sarasehan ini adalah :
1. Eko Yulianto / peneliti geodinamik LIPI
2. Yakobus Koekeritz / anggota Komisi III DPR-RI
3. Andang Bachtiar / geologist, AMC Malang
4. Ridwan Suhardi / deputi kantor menristek
5. Agus Hendratno / IAGI Yogya, pembina PA, HMTG UGM
6. Kepala kesbanglingmas Madiun, magetan, ponorogo, pacitan
7. Irsyat Syukur / IAGI Jatim, aktivis LSM
8. AMC Malang
9. PA di Madiun dan Magetan, dll kota di Jatim

Salah satu agendanya adalah mengembangkan jaringan PA (khususnya di Jatim bagian barat) dalam penanganan bencana geologi (mitigasi dan tanggap darurat), sehingga muncul pemahaman yang sama dan sinergi dengan berbagai stakeholder dalam penanganan bencana geologi di Jawa Timur khususnya. Kalau ini terbentuk, maka pola-pola pembelajaran penanganan bencana geologi berbasis masyarakat dapat terus kita kembangkan dan kita sosialisasikan ke berbagai elemen masyarakat. nah, PP-IAGI atau Pengda IAGI atau elemen organisasi kebumian mana saja dapat berkolaborasi dengan jaringan PA yang telah ada, juga sangat bagus. Mas Eko Teguh, termasuk salah satu geologist yang saya kenal telah membangun jaringan PA di Yogya (juga Jawa Tengah) untuk masalah manajemen bencana geologi berbasis masyarakat. Mas Eko, kamu datang juga sangat bagus, bisa share kepada teman-teman di Jatim. Datang wae..rek..

Urusan saksi ahli geologi dalam gugatan class action, kemarin saya kedapuk jadi saksi ahli geologi dalam sidang gugatan class action di Pengadilan Negeri Sleman, 23 Januari 2007. Gugatan dari kelompok masyarakat dan LSM yang ada di sekitar K.Gendol, Lereng Merapi kepada lurah setempat, camat setempat dan bupati sleman. Saya dihadirkan sebagai saksi ahli geologi oleh kuasa hukum penggugat (Warga dan LSM) dan saya didampingi oleh beberapa staf KLH (karena bagi Kementrian LH kasus ini cukup menarik sebagai pelajaran LH di Indonesia terkait dengan penanganan becana dan galian C). Kasus gugatannya adalah : proyek normalisasi sungai gendol (sebagai bentuk penanganan bencana aliran lahar) dengan hasil penggalian normalisasi sungai yang kemudian dijual (masuk dalam kategori pertambangan dengan alat-alat berat oleh pihak pemerintah). Disini adalah permasalahan sosial dan lingkungan yang kompleks; juga prosedur SIPD bahan galian C (pasir Merapi) yang tidak jelas dan tidak transparan. Tapi sebagai saksi ahli geologi (yang kebetulan mempunyai bimbingan TA di K.Gendol, dan juga sering main di K.Gendol), saya menceritakan apa adanya sesuai dengan data dan fakta serta kompetensi bidang geologi lingkungan pertambangan, dan kebencanaan yang saya pahami.
Siapa yang menang, saya tidak tahu sekarang ini. biar saja....

Whaalahh, belum usai kasus itu, saya dan wayan warmada, besok tangal 1 Maret 2007, dipanggil Pengadilan Negeri Sijunjung-Sawahlunto, Sumbar dihadirkan sebagai Saksi Ahli Geologi dalam kasus dugaan pengrusakan lahan perkebunan kelapa sawit (milik pengusaha dari Jkt) oleh kegiatan eksplorasi bijih besi yang legal dari Padang (yang didukung oleh ninik mamak dan lembaga adat setempat). Saya dan Wayan dihadirkan sebagai saksi oleh Kuasa Hukum tergugat (industri pertambangan). Beberapa bulan sebelumnya ; kami sudah dimintai keterangan oleh Reskrim Ekonomi Polda Sumbar dan sudah fieldtrip ke lokasi sengketa itu di wilayah Dharmasraya, Sumbar.

Yang saya wanti-wanti kalau menghadapi hal-hal seperti, ntar kalau balik ke Jogja jangan dihadang di jalan yaa..... Kami ikhlas sebagai saksi ahli untuk memberikan pembelajaran kebumian demi tegaknya hukum yang betul-betul mampu memberikan keadilan bagi semuanya...
yach...beginilah indonesiaku...

salam
agus hend - PA Magmagama.89 HMTG UGM

ET Paripurno <[EMAIL PROTECTED]> wrote: pak syaiful, maap saya belum kenalan sama sampeyan.. saya eko teguh
paripurno. geologiawan (bukan geologiwati), anggota iagi nomor 1529 (yang
jarang bayar iuran). pekerjaan pelatihan2 itu dilakukan pusat studi
manajemen bencana upn veteran yogyakarta (tempat parkir saya), yang bekerja sama dengan organisasi mahasiswa / masyarakat di sekitar kawasan rentan itu.

lebih jelasnya begini (kalau malah lebih tidak jelas, maaf yaa).
masyarakat merasa kesulitan mencari saksi ahli geologi sebagai saksi ahli
ketika mereka melakukan gugatan ("class action" misalnya). walaupun diajukan
oleh penggugat, tentunya ahli geologi tersebut diharapkan menegakkan
kebenaran. istilah berpihak pada kelompok rentan tersebut tolong lebih
dimaknai pada "mau bekerja" untuk kelompok rentan. masyarakat biasanya
melakukan gugatan melawan pemegang mandat manajemen bencana (banjir bahorok,
longsor mojokerto, longsor magelang, lumpur sidoarjo, pencemaran buyat,
banjir jakarta..). jadi, kami mencari kawan2 ahli geologi yang bersedia
menjadi saksi ahli penggugat, apabila suatu saat masyarakat menggugat.......
tentunya diperlukan banyak ahli geologi yang disesuaikan dengan topik
gugatannya.... misal, secara umum diperlukan ahli manajemen bencana, lebih
spesifik lagi perlu ahli geohazard, bila perlu spesifik lagi perlu ahli
geohidro atau longsor.. dan sebagainya...

begitu pak syaiful...

salam

et