Setuju sekali dengan Parvita (ga pake Bu nih...), para geoscientist
kita mutlak harus menguasai teknik presentasi yang baik (kaya informasi
tapi tak bertele-tele, menarik bahkan memukau, tidak membosankan,
melihat dulu siapa penontonnya,...,...). Rekan-rekan di oil company
pasti sudah merasakan keperluan bagaimana harus menjual ide ke kolega
dan atasan agar prospeknya bisa dibor atau usulan studinya diterima,
yang di service company juga pasti harus pintar-pintar menjual produk
agar berkenan di hati para client, adik-adik mahasiswa harus pintar2
menjual ide agar proposal penelitian mereka diterima. Kita semua
sebenarnya seperti salesman 'kan ? Nah, apakah jualan kita akan laku
kalau mengkomunikasikannya saja ga bisa. Presentasi adalah kuncinya,
jadi memang MUTLAK PERLU seperti kata Vita.

Ada cerita sedih yang saya dapatkan semasa saya di JOB Santa Fe. Ada
orang yang memang pintar presentasi tapi biasa2 aja di kerjaan, dia
cukup mempelajari hasil karya orang lain sebaik-baiknya, lalu dia yang
disuruh manajer buat presentasi karena memang dia ahlinya (dari gaya,
penguasaan bahasa inggris, meyakinkan orang, dll). Nah, yang dapat
point di mata bos-bos luar negeri itu ya si presenter itu, semenatara
si yang empunya kerjaan marah tertahan. Si manajer kan inginnya ide itu
terjual ke bos besar siapa pun presenternya. Nah, betapa hebatnya kalau
kita pekerja keras dan juga presenter yang handal...

Awang H. Satyana