Lumayan jadi ramai lagi millist nya , nih dibawah ada tulisan
ttg PLTN oleh yg Pakarnya :
salam

ISM

MENGGUGAT RENCANA PLTN MINI

 Nengah Sudja
Sekretaris Komisi Persiapan Pembangunan Pembangkit Listrik
Tenaga Nuklir(1970-1980-an)
 Kompas | 19 Juni 2015
Badan Tenaga Nuklir Nasional mencanangkan pembangunan reaktor
daya non-komersial  atau reaktor daya eksperimental di Kompleks
Puspitek Serpong, Banten, pada 2015. RDE yang pada dasarnya
pembangkit listrik tenaga nuklir mini diklaim mampu
menghasilkan listrik 10-30 megawatt dan diharapkan beroperasi
sebelum 2019.Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot Susilo
Wisnubruto dalam siaran persnya menjelaskan, reaktor daya
eksperimental (RDE) merupakan suatu strategi pemerintah untuk
mengenalkan reaktor nuklir yang menghasilkan listrik sekaligus
dapat digunakan untuk eksperimen/riset.Djarot mengklaim bahwa RDE yang dipilih
adalah generasi ke-4
yang memiliki  teknologi keselamatan tinggi dibandingkan dengan
RDE generasi sebelumnya. Lebih jauh dikatakan, RDE merupakan
pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) mini yang pada masa
depan dapat diaplikasikan di daerah yang tidak membutuhkan daya
besar, terutama di wilayah  bagian tengah dan timur.Publik perlu penjelasan
Pernyataan bahwa teknologi RDE yang dipilih adalah generasi
ke-4 perlu mendapatkan klarifikasi dari Batan. Apa benar sudah
ada RDE generasi ke-4? Pemakaian istilah teknologi generasi
ke-1, ke-2, ke-3, dan ke-4 selama itu ditujukan untuk PLTN
komersial, bukan untuk reaktor riset. Adapun PLTN komersial
sejauh ini baru mencapai generasi ke-3+ dan masih pada tahap
konstruksi, seperti European Pressurised Reactor (EPR) untuk
PLTN Olkiluoto 3 di Finlandia dan PLTN Flamanville di Perancis.Dari berbagai
literatur terbaru, teknologi PLTN generasi ke-4
masih dalam fase desain dan pengembangan. Diperkirakan dalam
dua dekade ke depan baru masuk tahap komersial. Oleh karena
itu, pernyataan Kepala Batan akan membangun RDE generasi ke-4
adalah klaim yang tidak berdasar dan, bahkan, bisa
dikategorikan pembohongan publik. Dalam konteks pengembangan teknologi, proses
pembangunan
 suatu produk lazimnya melalui empat tahap. Tahap pertama
 berupa gagasan atau pemikiran, tetapi sudah  terbayang bentuk
 teknologi untuk masa depan.Tahap kedua pembuatan dan pengujian
komponen-komponen di
laboratorium dilanjutkan dengan pengembangan prototipe sebagai
upaya pembuktian teknologi dan terbayang kemungkinan untuk
diproduksi. Tahap ketiga produksi dan komersialisasi, di mana
teknologi diproduksi dan dipasarkan karena dari uji coba
prototipe terbukti bekerja sesuai dengan yang direncanakan.
Tahap keempat adalah pengujian lanjutan selama umur operasi
teknologi.Teknologi PLTN generasi ke-1 sampai ke-3, yang telah beroperasi
sejak tahun 1950-an, saat ini dinilai sangat mahal dan tidak
layak secara ekonomis serta secara teknis tidak aman dan
berbahaya. Pilihan PLTN pun mulai ditinggalkan banyak negara
maju:  Austria, Italia, Swiss, Spanyol, Swedia, Belgia,
Denmark, dan Jerman.  Pembangunan PLTN di AS juga terhambat
karena alasan keekonomian walaupun pemerintah memberikan
berbagai insentif untuk mendorong investasi.Pembangunan RDE direncanakan Batan
seharusnya tahap  kedua
walaupun sesungguhnya Batan tidak membuat dan melakukan
pengujian komponen RDE di tingkat lab. Mengingat proyek ini
menggunakan anggaran negara, publik tentu berhak tahu apa
kajian yang menjadi dasar usulan tersebut? Teknologi apa yang
hendak dipakai dan bagaimana prospek kelayakan
tekno-ekonomisnya? Bagaimana kajian sosial, lingkungan, dan
risikonya? Karena menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan
Belanja Negara (APBN), sudah selayaknya berbagai dokumen yang
menjadi dasar perencanaan dapat diakses dan dikritik oleh
publik.Rusia dan APBN RI
Baru-baru ini juga diberitakan bahwa pekerjaan desain RDE telah
dimenangi oleh pihak Rusia. Meninjau  status teknologi PLTN
mini, saat ini  publik berhak curiga apakah proyek  ini
merupakan bentuk  riset teknologi pihak asing (Rusia) yang
justru dibiayai dengan APBN Republik Indonesia?Batan juga mengklaim Indonesia
paling siap mengoperasikan PLTN
di ASEAN karena telah  berpengalaman mengoperasikan tiga
reaktor riset. Sayangnya, Batan tidak menjelaskan  perbedaan
mendasar antara reaktor riset dan reaktor daya.  Reaktor riset
yang desain bejana reaktornya terbuka, bertekanan, dan bersuhu
rendah lebih mudah dioperasikan dan berisiko rendah
dibandingkan dengan reaktor daya (PLTN) yang desain bejananya
tertutup, beroperasi dengan tekanan 150 atmosfer, dan suhu
tinggi 350 derajat celsius untuk dapat  menghasilkan uap yang
memutar turbin/generator listrik.Pada reaktor daya terdapat risiko critically
accident yang
dapat mengakibatkan pelelehan teras PLTN dan berdampak
mengerikan serta terbukti terjadi pada reaktor PLTN yang
beroperasi saat ini. Risiko ini tidak pada reaktor riset.Batan sepertinya
mencoba meredam risiko RDE dengan
menyamarkannya sebagai reaktor riset. Apakah kajian risiko
dipertimbangkan sehingga PLTN mini ini dengan mudah ditetapkan
akan dibangun di Serpong yang dalam kawasan radius 5 km  dihuni
lebih dari 200. 000 orang? Apakah warga di Serpong, Bintaro,
Tangerang, dan Jakarta dapat menerima dan menyetujui risiko
kecelakaan PLTN mini?Kelayakan tekno-ekonomi
Batan menyatakan pembangunan PLTN kecil ini akan siap
beroperasi pada 2019. Kalau tahap kedua pembangunan prototipe
benar dapat diselesaikan pada 2019, berapa tahun diperlukan
lagi untuk melakukan uji coba operasi untuk membuktikan
kelayakan tekno-ekonominya?Asumsikanlah setelah  10 tahun baru akan diketahui
keberhasilan
atau kegagalannya. Kalau gagal, berapa nilai kegagalan itu?
Pada setiap  anggaran kegiatan, seperti  untuk membuat studi
kelayakan, pembangunan proyek prototipe, biaya operasi, dan
pemeliharaan selama operasi diasumsikan 10 tahun. Kemudian
dilakukan audit pertanggungjawaban kelayakan tekno-ekomisnya.
Setelah itu, berapa tahun lagi diperlukan untuk sampai pada
tahap ketiga untuk memproduksinya secara besar-besaran.Di media massa dapat
dibaca Pengumuman Lelang Pengadaan Jasa
Konsultasi Penyusunan Dokumen Desain Rekayasa Awal RDE sebesar
Rp 49 miliar untuk penyusunan Desain Rekayasa  Awal. Kalau ini
baru biaya awal, tentunya biaya lainnya masih ada lagi.  Berapa
perkiraan seluruh anggaran yang diperlukan untuk perencanaan
dan konstruksi RDE? Karena menggunakan APBN, demi asas good
governance, rencana anggaran ini sepatutnya dibuka kepada
publik,  mengikuti model e-budget Provinsi DKI Jakarta.Alternatif RDE
Pertanyaan lanjutan: kapan akhirnya RDE ini dapat
diaplikasikan,  sejak perancanangan tahun 2015, lalu beroperasi
tahun 2019, dan selesai percobaan uji kelayakan. Diasumsikan
baru setelah 2029, RDE baru bisa diaplikasikan secara massal ke
daerah- daerah yang terpencil, seperti yang dijanjikan Kepala
Batan.Coba bandingkan, jika pemerintah menggunakan anggaran untuk RDE
dalam 10 tahun mendatang untuk mengembangkan teknologi energi
terbarukan sehingga bisa menyediakan listrik  di daerah-daerah
terpencil dengan memanfaatkan sumber daya energi terbarukan
setempat. Strategi ini tentunya lebih cepat meningkatkan
elektrifikasi dan mengatasi pemadaman listrik di wilayah
terpencil di seluruh negeri ini ketimbang menunggu hasil RDE.Galileo Galilei
(1564-1642), ilmuwan dan perintis ilmu modern,
pendorong terjadinya perubahan budaya dari abad kegelapan ke
abad pencerahan (bersama Copernicus, Newton), pernah
menyatakan, kalau ingin maju, "Ukur semua, dan yang tak dapat
diukur buat jadi terukur."Rencana RDE ini pun harus dapat diukur dengan presisi
sehingga
persoalan akan jadi lebih transparan dan jelas. Dengan
demikian, publik dapat menilai rencana pembangunan PLTN ini
berlandaskan pada data, informasi, dan fakta, bukan gosip.
Semoga bangsa ini cepat maju dan dapat memenuhi kebutuhan
listriknya. Nengah Sudja
Sekretaris Komisi Persiapan Pembangunan Pembangkit Listrik
Tenaga Nuklir(1970-1980-an)

> Haaa..produksi uranium?
> BATAN itu tidak pernah memproduksi uranium (setidaknya
> sampai sekarang)
 Uranium itu adalah bahan bakar untuk PLTN
> [...]
> (belum).
> Hasil BATAN hanya produk rekayasa untuk pertanian dan
> kedokteran.

> Btw, saya setuju Indonesia memiliki PLTN. Gak ada deh negara
> maju yang enggak punya PLTN. Ilmuwan/SDM kita juga mampu
> menguasai teknologinya. Gak usah memandang rendah bangsa
> sendiri.

> Salam,
>
> [cid:__storage_emulated_0__EmailTempImage_138097816493495cachecopyImage_bmp@sec.galaxytab]>
>  Nugrahani
>

> Kepala Divisi Pengawasan Realisasi Komitmen Rencana

 Atau masih
> berangan-angan???
>
> Fr : godang
>

> Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel
> network.

 PLTN juga akan

 Date:
> Monday, January 11, 2016 at 3:14 PM
> To: "iagi-net@iagi.or.id<mailto:iagi-net@iagi.or.id>"
> <iagi-net@iagi.or.id<mailto:iagi-net@iagi.or.id>>
> Re: [iagi-net] Fw: Pernyataan DEN di Detik
>
> Pak Liamsi
>
> Pak Is , terima kasih atas infonya.
>
> Statemen angota DEN ini benar benar sangat lemah , dalam
> artian :
 1. Apakah beliau2 itu sudah mengetahui secara
> kwantitatif besaran potensi dari energi terbarukan yang
> disebutnya  (energi matahari , air , panasbumi dsb ?).
> Apakah beliau2 itu sudah mempunyai road mapnya ?
> Saya heran kalau DEN tidak mengetahui secara kwantitatif
> potensi energi terbarukan itu.
 2. Apakah Jepang bukan
> region yang juga memiliki density gempa yang tinggi ? Tokh
> mereka memanfaatkan PLTN - nya.
 3. Hampir seluruh negara yg
> memiliki PLTN mendatangkan bahan nuklirnya dari luar.
 4.
> Persiapan PLTN memerlukan waktu yang lama (11
> tahun???),justru karena itu kebijakannya harus ditetapkan
> sekarang.
 Apakah baru akan diputuskan setelah bahan bakar
> fosil  kita habis baru ditetapkan ?Apabila pemikiran ini di
> ikuti , maka tinggalah menunggu rakyat Indonesia akan
> kekurangan listrik dalam sepuluh tahun mendatang.
 Alangkah
> [...]
>
> Memang di -negara2 pemakai masih ada pro - kon mengenai ini
> , akan tetapi tokh mereka tetap memakaiPLTN sebagai salah
> satu sumber listrik nasional.

> Perancis sebagai pengguna terbesar PLTN untuk listrik ,
> ternyata memiliki udara terbersih .

> wasaalam
>
> si Abah
>

> On Monday, January 11, 2016 1:22 PM, Eko Prasetyo
> <strivea...@gmail.com<mailto:strivea...@gmail.com>> wrote:
>

> Salam,
>
> sebenarnya apakah desain terkini PLTN masih rentan gempa?
> Jepang sendiri punya beberapa PLTN dan negara itu salah satu

 Abah ,
> [...]
> dan
> keselamatan tinggi, radiasi nuklir berbahaya bagi
> lingkungan.
> Apalagi, tak ada wilayah yang bebas bencana alam.Hal itu
> mengemuka dalam diskusi tentang tenaga nuklir untuk
> listrik, Minggu (10/1) di Jakarta. Sebagai narasumber
> adalah
> dua anggota Dewan Energi Nasional, Rinaldy Dalimi dan
> Syamsir
> Abduh, serta Direktur Eksekutif Institute for Essential
> Service
> Reform (IESR) Fabby Tumiwa.Peraturan Pemerintah Nomor 79
 Energi Nasional menyebut
> penggunaan energi nuklir sebagai
> pilihan terakhir. Pertimbangannya, pemanfaatan nuklir butuh
> standar keamanan kerja dan keselamatan tinggi serta bahaya
> radiasi nuklir bagi lingkungan. "Meski jadi pilihan
> terakhir,
> perlu pengembangan nuklir perlu diberi ruang," ucap
> Syamsir.Rinaldy menilai pemanfaatan nuklir bagi listrik di
> Indonesia
 bukan solusi krisis listrik di Indonesia. "Banyak
> [...]
> Padahal, PLTN harus nol kesalahan manajemen risiko. "Dulu,
> Kalimantan disebut aman, ternyata ada gempa," ucapnya.Gempa
> pernah terjadi di Bangka Belitung. Padahal, Badan Tenaga
> Nuklir Nasional (Batan) merekomendasikan lokasi PLTN di
> Bangka
> Barat dan Bangka Selatan setelah studi 2011-2013.
> "Pendirian
> PLTN juga akan membuat Indonesia bergantung pada impor
> uranium.
> Itu mengurangi kemandirian energi," ujarnya.Dalam Kebijakan
> Energi Nasional, porsi energi terbarukan pada
 bauran energi
> nasional minimal 23 persen pada 2025. Angka itu
> ditargetkan naik jadi 32 persen pada 2050. Jadi, porsi
> minyak
> bumi akan ditekan."Negara maju, seperti Perancis dan Jepang,
> menekan porsi nuklir
 bagi listrik karena berisiko tinggi,"
> kata Fabby. Investasi
> nuklir mahal dan lama konstruksi 11 tahun. Pembangunan
> pembangkit nuklir 1.200 megawatt butuh investasi 14 miliar
> dollar AS, sedangkan proyek 35.000 MW dari batubara, gas,
> energi terbarukan butuh 73 miliar dollar AS.Terkait hasil
> survei oleh Batan 2015, 75,3 persen dari 4.000
 responden