2010/6/5 Martinus Ady H <mrt.itnewb...@gmail.com>:

> Klo codenya kek gini :

[..]

> ga bakalan ada pengaruhnya klo di import, dicompile pun tetep ga error.

bukan begitu maksudnya. Selain driver JDBC, umumnya sebuah file JAR
berisi kelas-kelas yang kita import (diproses waktu compile). Untuk
JAR yang seperti ini, jika classpath salah, dicompile pun akan gagal.
Untuk driver JDBC, ini diload pada runtime dan tidak akan terdekeksi
pada compile time jika classpathnya salah (tetap lulus compile).

--
Regards
Yohanes