On 06/07/2010 07:42 PM, Kristophorus wrote:

> [...]
> Exception in thread "main" java.lang.NoClassDefFoundError: JdbcExample2
> Caused by: java.lang.ClassNotFoundException: JdbcExample2
>       at java.net.URLClassLoader$1.run(URLClassLoader.java:202)
>       at java.security.AccessController.doPrivileged(Native Method)
>       at java.net.URLClassLoader.findClass(URLClassLoader.java:190)
>       at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:307)
>       at sun.misc.Launcher$AppClassLoader.loadClass(Launcher.java:301)
>       at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:248)
> Could not find the main class: JdbcExample2.  Program will exit.

Pesan kesalahan ini menyatakan bahwa class yang kamu buat (yaitu
JdbcExample2) tidak dapat ditemukan pada CLASSPATH yang diset di system
saat itu.

> Kalau saya tidak salah menerjemahkan, pesan tsb diatas mengatakan
> kalau class yang digunakan dalam program tidak ditemukan. Berarti
> seting classpathnya masih bermasalah, benar ?
>
> Perintah echo $CLASSPATH menghasilkan spt ini :
>
> /home/kris/j-connector/mysql-connector-java-5.1.12-bin.jar (ralat
> untuk posting awal)
>
> dan seting classpath di .bashrc spt ini (sudah di koreksi) :
>
> CLASSPATH="/home/kris/j-connector/mysql-connector-java-5.1.12-bin.jar"
>
> export CLASSPATH

Ini kesalahan fatal. Dengan classpath seperti ini, Java hanya akan
mencari class ke dalam
/home/kris/j-connector/mysql-connector-java-5.1.12-bin.jar

Karena itu class yang kamu bikin tidak ditemukan sehingga tidak bisa
dijalankan. Minimal kamu harus memasukkan direktori tempat class yang
kamu buat berada ke dalam CLASSPATH agar java vm bisa menemukannya dan
mengeksekusinya.

Saya penasaran, kamu ikut panduan programming Java dari mana ya?

Silahkan ikuti saran mas Fajran cara mengeset CLASSPATH yang baik.

> Sebagai informasi, saya develop program javanya menggunakan geany,
> tidak netbeans ataupun eclipse.

Ga masalah pake editor / IDE apapun. Justru saat awal belajar, lebih
baik coding secara manual, agar paham cara kerja java.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com